Proyek Infrastruktur Jalan Terus dengan Terobosan Pembiayaan

Selasa, 16 Februari 2021 - 06:04 WIB
loading...
A A A
Selain mendapat bantuan dari pemerintah, pihaknya juga melakukan berbagai upaya alternatif pendanaan melalui creative financing untuk menjaga likuiditas. Misalnya pendanaan perbankan nasional maupun multinasional hingga penerbitan obligasi.

“Dengan kondisi saat ini, perusahaan berharap Pemerintah dapat terus mendukung kebutuhan pendanaan tersebut sehingga Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dapat rampung sesuai dengan target yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Pengamat bisnis dari Universitas Indonesia (UI) Deni Denial Kesa menilai kinerja perusahaan BUMN di masa pandemi mengalami tekanan. Imbasnya, sejumlah perusahaan ada yang melakukan restrukturisasi dan efisiensi.

“Mau tidak mau mereka melakukan restrukturisasi utang serta efisiensi belanja modal,” katanya kepada KORAN SINDO kemarin.

Kendati dengan kondisi terbebani pademi, namun Deni optimistis BUMN masih bisa bangkit kendati akan memerlukan waktu. Untuk membantu BUMN dalam menghadapi penugasan di tengah keterbatasan sumber daya, pemerintah diimbau untuk lebih berbenah. Misalnya, dengan memfasilitasi restrukturisasi dalam skala besar sebagaian pinjaman.

“Pemerintah juga harus bisa melalukan proses pengawasan dan audit berkelanjutan yang tepat sasaran. Langkah Menteri BUMN Erick Tohir dalam mengelola Krakatau Steel dan merestrukturisasi hutang perlu dicontoh meski belum memperlihatkan produktifitas secara maksimal tapi paling tidak kemampuan membayar utangnya meningkat secara signifikan,” ucapnya.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2837 seconds (0.1#10.140)