Keren Sis, Ini 3 Karya Pemenang Technovation Girls Challenge Indonesia

Minggu, 18 April 2021 - 10:10 WIB
loading...
Keren Sis, Ini 3 Karya Pemenang Technovation Girls Challenge Indonesia
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dunia teknologi mungkin identik dengan kaum lelaki, namun bukan berarti kaum wanita tak punya ruang di sana. Dengan memberikan kesempatan yang sama, tak sedikit kaum hawa yang cemerlang di bidang teknologi.

Hal itulah yang mendasari Women in Tech Indonesia dan Society of Women Engineers (SWE) Jakarta menjalin kerjasama dalam mengadakan Technovation Girls Challenge Indonesia.

Ajang yang digelar sejak Oktober 2020 hingga April 2021 ini bertujuan meningkatkan minat dan menyiapkan siswi-siswi SMA untuk mengikuti kompetisi internasional Technovation Girls Challenge. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh siswi SMA usia 15-18 tahun.

Vice President SWE Jakarta, Jane Nawilis mengatakan, perempuan muda di dunia diharapkan dapat mengasah keterampilan berpikir kritis, khususnya dalam mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar lingkungan dan membangun solusi kreatif melalui aplikasi seluler.

Melalui Technovation Girls Challenge Indonesia, pihaknya ingin membawa lebih banyak perempuan Indonesia di bidang teknologi. Hal ini penting untuk mengantisipasi dunia yang berubah dengan cepat.

"Kami bertekad untuk terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada generasi muda yang akan merasakan manfaat atau dampak dari perubahan tersebut,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Minggu (18/4/2021).



Technovation Girls Challenge Indonesia telah melalui serangkaian program pelatihan kepada 75 siswi SMA dari 4 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Banjarmasin yang dilaksanakan sejak Oktober 2020.

Para peserta dibagi menjadi 17 grup dan mendapat pembinaan eksklusif dari 32 mentor yang memiliki latar belakang berbeda-beda, mulai dari penggiat teknologi hingga manajemen proyek.

Selama 6 bulan peserta kompetisi diperkenalkan kepada dunia teknologi dan bisnis sebagai dasar membangun aplikasi serta rencana bisnis sederhana. Peserta dan mentor mendapat kesempatan untuk mengikuti acara workshop bersama dengan para ahli di bidang teknologi dan bisnis.

Rancangan aplikasi yang dibangun oleh para peserta memasuki tahap penjurian pada awal April 2021. Beberapa hal yang dinilai oleh tim juri diantaranya demo video dari aplikasi yang dibuat, rencana bisnis, serta pitching video. Lima aplikasi terpilih melakukan presentasi terbuka pada 10 April 2021 melalui pertemuan secara online.



Setelah melalui seleksi dan penjurian yang ketat, kompetisi nasional Technovation Girls Challenge Indonesia dimenangkan oleh aplikasi Biophilia dari tim Thriving 5.

Biophilia adalah sebuah perusahaan sosial yang bertujuan meminimalisir penggunaan plastik yang berlebihan oleh konsumen dengan memberikan diskon kepada konsumen yang membawa peralatan belanja sendiri.

Perwakilan dari tim Thriving 5, Jocelyn Alycia Ang mengaku pengalaman paling berkesan selama kompetisi adalah kerja sama tim, di mana mereka harus membagi waktu antara membangun aplikasi Biophilia dan mengerjakan tugas sekolah.

"Kami menyadari pentingnya komunikasi yang baik antar anggota agar dapat meraih tujuan bersama. Melalui diskusi tim, kami melihat isu perubahan iklim memiliki dampak yang besar kepada seluruh makhluk hidup di dunia," tuturnya.



Pemenang terbaik kedua diberikan kepada aplikasi Hestia dari tim Aegeus, disusul Esewa dari tim Based sebagai pemenang terbaik ketiga. Adapun aplikasi terfavorit diberikan kepada aplikasi Clawver dari tim Agape dengan jumlah like terbanyak di akun Instagram @womenintechid.

Salah satu peserta dari tim Aegeus, Jeanette Tanumihardja mengaku lewat ajang tersebut dirinya bersama mendapatkan manfaat dan ilmu baru seperti belajar ilmu dasar coding melalui aplikasi Thunkable. Selain itu, dengan dibimbing para mentor, para peserta ditantang untuk mencari solusi yang tepat dalam memecahkan sebuah masalah yang ada di lingkungan.

Founder dari Women in Tech Indonesia, Tessa Wijaya mengaku sangat bangga dapat bertemu dengan perempuan muda hebat sepanjang perjalanan Technovation Girls Challenge Indonesia.

"Saya selalu mendukung perempuan Indonesia untuk bergerak di bidang teknologi, baik sebagai insinyur maupun di bidang bisnis. Sebagai perempuan, saya percaya bahwa kita juga dapat melakukan hal besar. Terus semangat dalam mencari peluang untuk tumbuh dan berkembang,” ucapnya.



Para pemenang mendapatkan hadiah senilai total Rp20 juta dan rangkaian voucher pelatihan gratis dari Hacktiv8, sebuah lembaga pendidikan yang membantu pengembangan individu dalam dunia teknologi.

Nantinya, 17 grup yang berpartisipasi dalam Technovation Girls Challenge Indonesia berhak untuk mengikuti Technovation Girls Challenge internasional pada bulan Mei mendatang.

Technovation Girls Challenge adalah kompetisi tahunan yang merupakan inisiasi dari Technovation Girls, sebuah organisasi nirlaba pendidikan di Amerika Serikat (AS) dengan fokus memberdayakan anak perempuan dan keluarga untuk menjadi pemimpin dan mampu memecahkan masalah dengan solutif.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0222 seconds (0.1#10.140)