Kemenhub Siapkan 4 Bandara untuk Tampung Penerbangan dari Luar Negeri

Jum'at, 23 April 2021 - 16:42 WIB
loading...
Kemenhub Siapkan 4 Bandara untuk Tampung Penerbangan dari Luar Negeri
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi penerbangan reguler khusus penumpang dari India . Langkah tersebut dilakukan menyusul banyaknya turis asal India yang masuk ke Indonesia di tengah angka kasus covid-19 yang sedang tinggi-tingginya di negara itu.

Baca juga:La Nyalla Minta Imigrasi Deportasi WN India yang Eksodus Hindari Corona

Meskipun begitu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tetap menyiapkan empat bandara untuk mengakomodasi jika suatu saat ada penerbangan yang datang dari luar negeri. Keempat bandara tersebut, yakni Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Sam Ratulangi, Bandara Internasional Juanda, dan Bandara Internasional Kualanamu Medan.

"Kalaupun ada satu pergerakan dari luar dan dari dalam ke luar kita tetapkan empat bandara yaitu Soekarno Hatta, Sam Ratulangi, Djuanda dan Medan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/4/2021).

Sementara itu untuk di perhubungan laut, ada tiga titik yang disiapkan, meliputi Dumai, Batam, dan Tanjung Pinang. Sedangkan untuk transportasi darat ada dua titik yang disiapkan yakni Entikong dan Malinau.

Baca juga:Pemkot Bekasi Siapkan Aturan SIKM, Begini Alur Mengurusnya

Pelayanan-pelayanan kepada para rute luar negeri ini juga tetap dilakukan pemantauan protokol kesehatannya. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dan menetapkan petugas di lapangan untuk memantau protokol kesehatan.

"Kami menyiapkan SOP untuk menjalankan prokes yang ditetapkan oleh Kemenkes. Dan kami menempatkan petugas dari pusat," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)