Potensi Besar Transformasi Digital untuk Mendukung Perekonomian

Kamis, 01 Juli 2021 - 08:00 WIB
loading...
Potensi Besar Transformasi Digital untuk Mendukung Perekonomian
Ekosistem digital yang terintegrasi akan membantu aktivitas perekonomian lebih berkembang. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Pengembangan ekosistem ekonomi digital di Tanah Air terus dipacu untuk membantu perekonomian nasional. Model ekosistem yang terintegrasi sangat diperlukan karena ke depan transformasi digital bakal menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Saat ini, perlahan masyarakat mulai melakukan berbagai aktivitas keseharian menggunakan layanan digital. Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat harus bisa beradaptasi dengan situasi ini. Kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pun tak lepas dari tren digitalisasi. Sehingga pemerintah terus mendorong tumbuhnya ekosistem digital mulai dari sistem pembayaran, perbankan dan layanan lainnya.

Demikian rangkuman rangkaian kegiatan webinar dengan tema besar 'Value of Trust' memperingati HUT Ke-16 KORAN SINDO, yang digelar secara virtual, Rabu (30/6/2021). Hadir pada sesi I webinar bertema “Bank Digital: Solusi Kemudahan Bertransaksi di Tengah Pandemi”, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso sebagai keynote speaker dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang memberikan opening speech.



Adapun nara sumber yang memberikan paparan adalah Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) Hery Gunardi, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) Haru Koesmahargyo, Direktur Utama PT MNC Investama Tbk (BHIT) Darma Putra, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja dan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira.

Pada webinar sesi II hadir Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai keynote speaker, dengan nara sumber Chairman of The Sea Group Indonesia Pandu Patria Sjahrir, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah Bank BRI Amam Sukriyanto, Senior EVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K Triprakoso.

Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga tren positif dan memacu peningkatan ekspor UMKM. Salah satu yang akan dilakukan dengan mendorong penciptaan eksportir baru dari kalangan pelaku usaha UMKM.

Dia menjelaskan, berbagai strategi yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekspor nasional di antaranya, menjaga pasar dan produk utama yaitu di 10 negara tujuan utama sebesar 70% dari total ekspor pada tahun lalu.

"Seperti misalnya lemak dan minyak hewan nabati, bahan bakar mineral, besi dan baja, mesin dan perlengkapan elektrik, serta pakaian dan aksesoris," ujar Airlangga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)