Menjawab Tantangan Keberlanjutan Industri Fragran dan Flavor

Senin, 12 Juli 2021 - 20:52 WIB
loading...
Menjawab Tantangan Keberlanjutan Industri Fragran dan Flavor
Sementara, keamanan produk dan keberlanjutan usaha menjadi dua aspek penting seiring dengan perkembangan pasar industri fragran dan flavor. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, permintaan terhadap produk-produk industri fragran dan flavor terus meningkat berkat kesadaran konsumen dalam menjaga kebersihan, baik kebersihan diri dan rumah, untuk mengurangi risiko tertular penyakit. Nilai industrinya juga mampu menciptakan segmen pasar baru dan membuka lapangan kerja, serta mendorong peningkatan keahlian tenaga kerja.

Baca Juga: Memasuki Dekade Terakhir, 52 Indikator Bisnis Berkelanjutan Alami Kemajuan

Sementara, keamanan produk dan keberlanjutan usaha menjadi dua aspek penting seiring dengan perkembangan pasar. Oleh karena itu, sangat menggembirakan bahwa dua dari setiap tiga perusahaan bersedia menanggapi sebuah survei yang mewakili lebih dari 90% pasar F&F. Mereka pun mampu menjawab tantangan keberlanjutan melalui lima Bidang Utama.

Dalam hal pengadaan barang baku secara bertanggung jawab, lebih dari 70% responden dan sebagian besar pelaku pasar telah menjalin dialog dengan kalangan petani dan komunitas lokal. Banyak pelaku pasar juga telah memahami nilai-nilai hak asasi manusia, standar ketenagakerjaan, dan rencana aksi tentang keanekaragaman hayati.

Dampak negatif terhadap lingkungan hidup yang dihasilkan industri F&F relatif kecil. Tiga dari empat responden, dan lebih dari 90% pelaku pasar telah memiliki strategi pengelolaan lingkungan berskala global, menerapkan langkah-langkah yang berorientasi pada lingkungan, serta mengurangi konsumsi dan sampah.

Dalam hal kesejahteraan tenaga kerja, industri F&F memberikan standar yang tinggi bagi kesejahteraan tenaga kerja, dan menawarkan iklim kerja yang nyaman, kesetaraan dalam hal peluang kerja, keragaman, inklusi, dan pelatihan. Mayoritas pegawai di industri F&F merasakan manfaat dari peningkatan standar kesejahteraan tersebut.

Dalam hal keamanan produk, industri F&F termasuk yang terbaik, dan hasil survei menunjukkan lebih dari 90% responden terlibat dalam dialog dengan pelanggan di sektor hilir tentang pengelolaan produk.

Dalam hal transparansi dan kemitraan, lebih dari tiga di antara empat responden telah memiliki strategi tata kelola responsif berskala global, termasuk pada seluruh perusahaan terbesar di industri ini.

Laporan Keberlanjutan kolektif pertama di industri fragran dan flavor telah dirilis dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni. Laporan ini mengungkap berbagai pencapaian positif atas komitmen yang telah dibuat oleh sejumlah perusahaan.

Laporan Keberlanjutan 2020-2021 (ifra-iofi.org/report) telah dirilis oleh International Fragrance Association (IFRA) dan International Organization of the Flavor Industry (IOFI) yang mengungkap perkembangan terkini di lima Bidang Utama yang menjadi bagian dari Piagam Keberlanjutan IFRA-IOFI. Piagam ini merupakan komitmen kolektif yang menjadi standar keberlanjutan baru di kedua industri tersebut, yang ditetapkan sejak Juli 2020 dan telah disepakati oleh 126 perusahaan di mana sepertiga di antaranya berasal dari Asia Pasifik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1988 seconds (11.252#12.26)