Kegiatan Ekonomi Dibatasi, Ini Konsekuensinya Jika PPKM Diperpanjang

loading...
Oleh karena itu, tambah dia, pemerintah menyiapkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga dan Kartu Sembako kepada 18,8 juta keluarga, meski masyarakat yang berada di garis kemiskinan hanya sekitar 6,5 juta keluarga.



Selain itu, terdapat pula Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 10 juta keluarga hingga bantuan tunai dari dana desa yang diberikan sesuai dengan ketentuan desa itu sendiri.

Baca juga: 95% Bansos Tunai Sudah Tersalurkan di DKI Jakarta, Sudah Kebagian Belum?

Terpisah, pengamat ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira mengatakan, jika PPKM diperpanjang, kemungkinan terburuk pertumbuhan ekonomi 2021 bakal minus.

Dia memperkirakan kontraksi di kisaran minus 0,5% sampai 2%. Hal ini mengingat pemulihan ekonomi masih melambat selama pandemi masih bergulir. "Kemungkinan terburuk masih akan terjadi resesi di 2021," tukasnya.

Untuk itu, Bhima mengatakan pemulihan ekonomi tahun ini waktunya tidak banyak. Maka, pemulihan ekonomi tergantung seberapa cepat realisasi anggaran belanja pemerintah di sisa kuartal ke III dan IV dan tentu vaksinasi juga harus dipercepat. "Jika PPKM berlanjut di kuartal IV tentu seluruh variabel ekonomi akan melemah khususnya konsumsi rumah tangga dan investasi," jelas dia.
(ind)
halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top