Petani di P4S Lembang Agri Ekspor Buncis ke Singapura

Senin, 16 Agustus 2021 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Dodih selaku Ketua P4S Lembang Agri di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat berupaya mengubah pola pikir petani melalui pengembangan P4S. Pasalnya, masyarakat sekitar belum mampu menerapkan budidaya tanaman yang baik, masih tradisional sehingga hasil panen tidak maksimal.

Menurut Dodih, untuk mengubah mindset petani meningkatkan produktivitas dengan orientasi pasar, P4S Lembang Agri kerap menggelar pelatihan seperti budidaya cabai, tomat, buncis, brokoli, pengolahan sayuran, pembuatan pestisida organik, pembuatan pupuk organik, budidaya hidroponik, pelatihan penguatan kelembagaan tani dan manajemen usahatani.

“Selain budidaya sayur untuk memenuhi pasar lokal dan ekspor, kami juga menggelar pelatihan. Tujuannya agar petani dapat melakukan budidaya dengan baik serta memanfaatkan pupuk organik dari kompos, karena kita memang menuju pertanian organik,” kata Dodih.

Menurutnya, pupuk organik sangat berpengaruh terhadap tanaman, khususnya rasa lebih enak dan waktu simpan lebih lama meskipun biaya produksi lebih tinggi.

Bersama petani muda di Lembang, Dodih berinovasi membangun marketplace digital www.jualsayuran.com. Pemasaran online ini dengan menggandeng para petani milenial dari Kelompok Tani Agri Muda di Desa Cibodas.

Dedi Nursyamsi mengingatkan bahwa Dodih salah satu sosok DPA yang membuktikan bahwa pertanian merupakan sektor potensial dan menjanjikan. Mereka ditopang kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk akses pasar ekspor.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)