Akselerasi Transformasi Digital, UMKM Jawa Tengah Punya Marketplace Baru

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 21:34 WIB
loading...
Akselerasi Transformasi Digital, UMKM Jawa Tengah Punya Marketplace Baru
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Emporia Digital Raya, entitas perusahaan PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC), melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Asosiasi Klaster Indonesia (AKSI) meluncurkan lokapasar atau marketplace baru untuk UMKM .

Marketplace dinamakan Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar. Hadirnya dua platform itu dimaksudkan sebagai ruang alternatif bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk mengembangkan usahanya.

“Pasar Klaster UMKM harus jadi ruang alternatif bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk semakin berkembang. Buktikan setelah marketplace ini meluncur setelahnya tidak akan hancur. Saya yakin teman-teman pengelola bisa membanggakan,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam siaran media, Jumat (27/8/2021).



Dalam peluncuran ini, Ganjar berpesan agar masyarakat Jawa Tengah dapat menjual produknya secara online pada Pasar Klaster UMKM dan masyarakat Jawa Tengah dapat membeli produk UMKM tersebut melalui website ikipasar.id.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong akselerasi digitalisasi sektor UMKM yang sangat penting untuk mendorong pergerakan roda perekonomian tanah air.

“Ke depannya market place ini dapat menjadi wadah melakukan transaksi berbasis teknologi dan akan didukung dengan pendampingan berkelanjutan,” tambah Ganjar.

Pada kesempatan yang sama, Product Development Group Head PT Emporia Digital Raya Zikry Ariesky mengungkapkan rasa bangganya lantaran mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk mendorong transformasi digital UMKM di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan teknologi,” ujar Zikry.



Perlu diketahui, Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar ini terbuka untuk berbagai macam jenis usaha UMKM. Seperti makanan, minuman, hasil olahan pertanian atau perikanan, batik, garmen, kerajinan tangan, produk olahraga, kesenian, kesehatan, perlengkapan rumah tangga dan lainnya.

Dengan hadirnya market place di tengah masyarakat ini, Ketua Asosiasi Klaster Indonesia Dr. Agus Suryono berharap kolaborasi antara lembaga, pemerintah daerah dan swasta ini akan membawa titik terang bagi UMKM di Indonesia untuk dapat lebih berkembang. Saat ini Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar telah didukung lebih dari 1000 UMKM dan ke depannya ditargetkan lebih dari 10.000 UMKM di Provinsi Jawa tengah akan bergabung.

Sebagai informasi, Pasar Klaster UMKM adalah sebuah aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Play Store yang di dalamnya terdapat banyak product digital untuk digunakan bertransaksi termasuk didalam terdapat IKI Pasar yang dapat melihat dan membeli product-product dari UMKM.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)