Kemendag Latih 1.000 Pengelola Pasar Jadi Juru Ukur dan Timbang

Selasa, 21 September 2021 - 17:58 WIB
loading...
Kemendag Latih 1.000 Pengelola Pasar Jadi Juru Ukur dan Timbang
Salah satu pedagang di Pasar Santa, Jakarta Selatan, menimbang barang dagangannya, Senin (20/9/2021). Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melatih 1.000 orang pengelola pasar setiap tahun agar memiliki pengetahuan dan terampil sebagai juru ukur, juru takar, dan juru timbang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menuturkan, pelatihan tersebut dilakukan melalui skema kolaborasi dengan pemerintah daerah dan pengelola pasar. Adapun tujuannya adalah untuk memastikan metrologi legal dapat dijalankan dengan baik dan bisa diawasi.

“Oleh karena itu, pemerintah memiliki kebijakan metrologi legal untuk mengendalikan dan memastikan bahwa alat ukur, alat takar, dan alat timbang yang digunakan dalam aktivitas perdagangan dan memastikan tidak ada yang dirugikan, baik pelaku usaha maupun konsumen,” ujarnya dalam webinar Melek Metrologi: Pedagang Patuh Konsumen Terlindungi, Selasa (21/9/2021).



Lutfi mengatakan, hingga saat ini sudah ada 1.588 pasar tertib ukur dan 60 daerah tertib ukur. Dia menjelaskan, pada tahun 2021 Kemendag telah melatih setidaknya 421 juru ukur, takar, dan timbangan di 107 kabupaten dan kota. “Kemudian, terdapat 350 calon pengelola pasar yang telah dijadwalkan untuk dilatih sebagai juru ukur, juru takar, dan juru timbang,” paparnya.

Dengan adanya pelatihan terhadap pengelola pasar ini, diharapkan kegiatan metrologi ilegal bisa diminimalkan. Untuk itu, Lutfi menekankan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat penting untuk menjaga pelayanan dan pengawasan di metrologi legal.



"Sehingga, konsumen menjadi lebih berdaya dan pelaku usaha menjadi lebih bertanggung jawab terhadap alat ukur yang digunakan dalam transaksi perdagangan,” tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2926 seconds (0.1#10.140)