Bank-bank Afghanistan Kehabisan Dolar AS, Beberapa Terpaksa Tutup

Kamis, 30 September 2021 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Bantuan Mengering

Di bawah pemerintah sebelumnya, bank sentral mengandalkan pengiriman uang tunai sebesar USD249 juta setiap tiga bulan dalam bentuk pecahan uang kertas USD100 terikat dan disimpan di lemari besi bank sentral dan istana presiden. Hal ini menurut sumber yang tidak disebutkan.

Namun cadangan uang tersebut menguap ketika bantuan asing menghindar dari berurusan langsung dengan Taliban, yang berperang melawan pasukan asing dan pemerintah yang digulingkan.

Bank sentral yang memainkan peran kunci di Afghanistan karena mendistribusikan bantuan dari negara-negara seperti Amerika Serikat, mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya telah memiliki rencana untuk memenuhi kebutuhan mata uang asing di negara itu. Namun tidak memberikan rincian.



Krisis mata uang membuat Taliban sulit memenuhi kebutuhan dasar, termasuk membayar kekuasaan atau gaji kepada pegawai pemerintah, banyak di antaranya belum dibayar dalam beberapa bulan.

Sekitar USD9 miliar cadangan offshore Afghanistan dibekukan segera setelah Taliban merebut Kabul. Kondisi ini meninggalkan bank sentral hanya dengan uang tunai di lemari besinya.

Menurut laporan itu, bank sentral melelang USD1,5 miliar antara 1 Juni dan 15 Agustus ke dealer valuta asing lokal, yang katanya "sangat tinggi".

"Pada 15 Agustus, Bank Sentral memiliki kewajiban luar biasa sebesar USD700 juta dan 50 miliar afghanis (USD569 juta) terhadap bank-bank komersial," katanya, menambahkan bahwa ini telah menjadi faktor utama krisis yang terjadi.

Pejabat bank sentral Afghanistan, Mehrabi mengatakan, meskipun lelang hampir USD1,5 yang diumumkan. Tapi kata Mehrabi, jumlah sebenarnya yang dijual mencapai USD714 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)