Bank-bank Afghanistan Kehabisan Dolar AS, Beberapa Terpaksa Tutup

Kamis, 30 September 2021 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Bank sentral Afghanistan dalam kondisi kritis, yang cadangan devisanya dibekukan setelah Taliban mengambil alih. Hal ini juga dapat menghambat upaya komunitas internasional untuk mendukung rakyat Afghanistan.

Bank komersial telah mengajukan banding ke bank sentral Afghanistan dalam beberapa hari terakhir untuk mengucurkan pasokan dolar AS.

Tetapi mereka belum mendapatkan jawaban atas permintaan mereka dan khawatir bahwa brankas pemerintah, di istana presiden dan kantor pusat bank sentral, sangat kosong sehingga mungkin tidak dalam posisi untuk membantu.

Pejabat senior internasional yang mengawasi ekonomi Afghanistan, mengungkapkan gambaran yang lebih suram dalam laporan rahasia yang ditulis dalam beberapa hari terakhir dan dikirim ke lembaga bantuan.

"Krisis likuiditas...telah mengganggu rantai pasokan dan menghentikan aliran uang dan barang," kata para pejabat dalam laporan yang dilihat oleh Reuters, memperingatkan ekonomi dapat menyusut sepertiga jika krisis perbankan ditangani secara keliru.

"Banyak bisnis tidak mampu membayar pemasok, dan banyak pedagang tidak dapat melakukan pembayaran internasional untuk mengimpor makanan. LSM juga tidak mampu membayar gaji staf mereka," kata laporan itu.

Namun, tidak jelas berapa banyak uang tunai yang harus dikeluarkan pemerintah. "Taliban mewarisi bank sentral dengan cadangan uang tunai USD dan AFN yang menipis," kata laporan itu.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)