Bitcoin Bisa Sebabkan Kehancuran seperti Krisis Keuangan 2008

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 22:32 WIB
loading...
A A A
Harga rentan terhadap berbagai pemicu eksternal, mulai dari komentar CEO Tesla Elon Musk hingga tindakan keras regulasi oleh Pemerintah China.

"Dunia crypto mulai terhubung ke sistem keuangan tradisional dan kami melihat munculnya pemain dengan leverage. Dan, yang terpenting, ini terjadi di ruang yang sebagian besar tidak diatur," tegas Cunliffe.



Sebelumnya Gubernur Bank of England Andrew Bailey juga pernah memperingatkan bahwa investor cryptocurrency harus siap untuk kehilangan semua uang mereka karena kurangnya nilai intrinsik aset. Otoritas Perilaku Keuangan Inggris juga telah memperingatkan risiko dari investasi kripto.

"Pertanyaan berwawasan ke depan adalah apa yang bisa dihasilkan dari peristiwa seperti itu, jika aset kripto ini terus tumbuh dalam skala besar, jika mereka terus menjadi lebih terintegrasi ke dalam sektor keuangan tradisional dan jika strategi investasi terus menjadi lebih kompleks?" pungkas Cunliffe.

Regulator menyebut crypto telah menjadi permainan di antara regulator. Ketua SEC Gary Gensler menyebut pasar crypto sebagai "Wild West" sementara IMF baru-baru ini memperingatkan bahwa cryptos dapat menimbulkan "risiko integritas keuangan."

Bitcoin sendiri telah melonjak naik 1% menjadi 57.658, sementara ethereum telah melompat 8,2% menjadi 3.807,79.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)