Pakai Pertamax Series atau Pertamina Dex Bikin Untung, Simak Nih Penjelasannya

Jum'at, 25 Februari 2022 - 13:28 WIB
loading...
A A A


Sedangkan Pertamina Dex, memiliki cetane number (CN) sebesar 53 dan kandungan sulfur maksimal 300 ppm. “Pada Pertamina Dex, sudah ditambahkan aditif lubricity dan anti foaming of gas untuk melindungi mesin.

Untuk jenis Dexlite, memiliki CN sebesar 51 dan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm. BBM ini juga lebih baik dibandingkan solar biasa yang kandungan sulfur maksimal 2.500 ppm. “Artinya, dapat menghasilkan tenaga yang lebih baik dari solar biasa. Kualitas hampir dekat dengan Pertamina Dex, namun harga jualnya lebih rendah dibandingkan Pertamina Dex,” terang Yannes.

Yannes menjelaskan, bahwa semakin tinggi cetane number (CN) semakin cepat bahan bakar mesin diesel terbakar setelah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Dengan demikian, tenaga yang dihasilkan mesin diesel akan besar, pembakarannya lebih sempurna, lebih efisien, dan suara mesin menjadi lebih halus.

“Mesin diesel modern dengan common rail tentu lebih membutuhkan BBM dengan CN tinggi dan kandungan sulfur rendah guna memastikan mesin dapat lebih awet akibat tidak terjadi kerak pada ruang bakar,” tutup Yannes.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)