Daftar Lengkap Oligarki Rusia: Miliarder di Antara Kekuasan Putin

Senin, 25 April 2022 - 11:44 WIB
loading...
A A A
Kena Sanksi Tahun 2022

- Roman Abramovich

Sanksi: Uni Eropa dan Inggris

Abramovich terjun masuk ke bisnis secara cepat pada tahun 1995 ketika bermitra dengan miliarder automotif, Boris Berezovsky untuk mengendalikan raksasa minyak Sibneft dengan diskon besar. Ketika Berezovsky berkonflik dengan Putin pada 2000, Abramovich mengambil saham mentornya dengan harga murah sebelum menguangkannya ke Gazprom sebesar USD13,1 miliar pada tahun 2005.

Abramovich adalah seorang gubernur untuk provinsi Chukotka yang terpilih pada tahun 2000 hingga 2008. Di luar Rusia, ia terkenal sebagai pemilik klub sepak bola Liga Primer Inggris Chelsea, dan peranannya yang penting pada sepak bola Eropa.

Abramovich, yang memfasilitasi pembicaraan awal antara Rusia dan Ukraina, kabarnya telah diracun saat berada di Kyiv baru-baru ini. Setidaknya empat asetnya, termasuk Chelsea, jet Gulfstream G650, dan mansion London dengan 15 kamar tidur senilai USD140 juta, telah disita.

Sementrara dua kapal pesiar mewah miliknya, senilai USD900 juta kini berada di luar jangkauan sanksi usai bersandar di Turki. Menjadi yatim piatu sejak usia 4 tahun, Roman Abramovich tumbuh dan berkembang menjadi miliarder dunia tersohor yang kini justru menjadi pelarian usai jadi sasaran sanksi imbas perang Rusia Ukraina.

- Eugene Shvidler

Sanksi: Inggris Raya

Sahabat dan mitra bisnis Abramovich ini telah tinggal di London selama bertahun-tahun. Kapal pesiarnya yang belum disita senilai USD109 juta, Le Grand Bleu adalah hadiah dari Abramovich. Sedangkan dua jet pribadinya ditahan oleh Inggris pada bulan Maret. Shvidler bukan warga negara Rusia; ia lahir di Uni Soviet dan memiliki paspor Inggris dan AS.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)