Daftar Lengkap Oligarki Rusia: Miliarder di Antara Kekuasan Putin

Senin, 25 April 2022 - 11:44 WIB
loading...
A A A
Mitra lama Fridman lainnya mengundurkan diri dari dewan perusahaan investasi LetterOne yang berbasis di Luksemburg pada 7 Maret, bersama dengan Khan. Dua yacht miliknya yang bernama La Petite Ourse dan La Petite Ourse II dibekukan oleh otoritas Prancis pada bulan Maret.

- Pyotr Aven

Sanksi: UE, Inggris Raya

Mantan menteri hubungan ekonomi luar negeri Putin ini merupakan presiden bank swasta terbesar di Rusia, Alfa-Bank dari tahun 1994 hingga 2011. Tiga rumahnya, termasuk perkebunan dengan 18 kamar di Surrey dan vila senilai USD4,4 juta di Italia telah disita atau dibekukan.

Dia dan Fridman bersumpah untuk menentang sanksi yang dilayangkan kepada dirinya oleh Uni Eropa, dia mengundurkan diri dari dewan LetterOne pada 3 Maret.

- Andrey Melnichenko

Sanksi: UE, Inggris Raya

Putra seorang fisikawan Soviet, Melnichenko keluar dari perguruan tinggi ketika Uni Soviet jatuh pada tahun 1991 untuk memulai bisnis ritel pertukaran mata uang. Dua tahun kemudian, ia mendirikan MDM Bank, yang menjadi salah satu bank swasta paling sukses di Rusia.

Dia kemudian merambah ke sektor lain yakni pupuk dan batu bara. Dua yacht miliknya, termasuk yacht dengan layar terbesar di dunia, SY A telah dibekukan oleh pihak berwenang di Italia dan Isle of Man.

Menurut laporan Forbes, Melnichenko bukanlah seorang oligarki karena ia membangun kekayaannya secara independen tanpa ikatan dengan pemerintah Rusia di bawah Boris Yeltsin atau Vladimir Putin.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)