Daftar Lengkap Oligarki Rusia: Miliarder di Antara Kekuasan Putin

Senin, 25 April 2022 - 11:44 WIB
loading...
A A A
Deripaska memiliki banyak properti di luar negeri yang nilainya mencapai hampir USD1,4 miliar termasuk rumah mewah senilai USD21 juta di D.C. dan sebuah rumah di Belgravia Square London. Kapal pesiar mewah miliknya, Clio terpantau terakhir kali terlihat di Maladewa.

- Mikhail Gutseriev

Sanksi: UE, Inggris Raya (2021)
Gutseriev bersama Grup Safmarnya memiliki banyak lini bisnis mulai dari keuangan, media, dan industri di Rusia dan Belarusia. Ia dikenai sanksi oleh UE karena menjadi "teman lama" diktator Belarusia Alexander Lukashenko. Dua jetnya miliknya masing-masing terbang dari Moskow ke Dubai dan Istanbul, pada 19 dan 20 Maret.

- Sulaiman Kerimov

Sanksi: AS (2018), UE, Inggris (2022)
Seorang anggota majelis tinggi parlemen Rusia, Kerimov membuat pertaruhan untuk mencari keberuntungan baru pada produsen emas Rusia Polyus pada tahun 2008 setelah kehilangan miliaran saat krisis keuangan 2008.

Pihak berwenang di Prancis, di mana ia memiliki empat vila dengan nilai gabungan USD280 juta menyelidikinya pada 2019 atas tuduhan penipuan pajak. Kerimov membantah melakukan kesalahan, dan pengadilan menolak kasus tersebut pada tahun 2020.

- Yuri Kovalchuk

Sanksi: UE, Inggris, AS (2014)
Orang kedua de facto Rusia telah digambarkan oleh pemerintah Amerika Serikat sebagai "penasihat dekat" dan "bankir pribadi" Putin. Dia adalah pemegang saham terbesar di Rossiya Bank yang terkena sanksi dan, melalui perusahaan induknya, National Media Group, dia memegang berita yang boleh didengar dan dilihat orang Rusia.

Dia dan Putin sama-sama memiliki rumah eksklusif di dacha Ozero. Menurut pengungkapan Panama Papers, Kovalchuk memiliki resor ski yang menyelenggarakan pernikahan putri Putin pada 2013.

- Arkady Rotenberg
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)