Sistem Informasi Kepegawaian: Manfaat, Fungsi dan Fitur yang Wajib Ada di Dalamnya

Rabu, 25 Mei 2022 - 17:46 WIB
loading...
A A A
Cepat & Mudah
Dengan menggunakan sistem informasi kepegawaian, Anda tidak akan membuang waktu untuk menghitung gaji atau merapihkan data absen kehadiran karyawan. Karena sistem ini akan memudahkan pekerjaan HR & SDM untuk melakukan input data atau perhitungan atas data_data yang berhubungan dengan kehadiran.

Meningkatkan Produktivitas
Aplikasi sistem informasi kepegawaian di ciptakan untuk mempercepat pekerjaan di berbagai macam proses administrasi. Termasuk pekerjaan HR. Aplikasi sistem informasi kepegawaian ini dapat mengumpulkan CV dan memeriksa informasi kandidat dalam proses perekrutan. Selain itu, sistem informasi kepegawaian juga dapat mengelola keuangan sama seperti Payroll.

Maka dari itu, dengan menggunakan sistem ini. Pekerjaan HR akan dimudahkan sehingga tidak memakan banyak waktu.

Mengurangi Human Error
Selain dari memudahkan pekerjaan HR. Sistem aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengurangi kesalahan-kesalahan kecil yang sering dilakukan oleh HR. Karena bisa saja HR melakukan kesalahan kecil yang nantinya berakibat fatal. Maka dari itu, sistem ini akan mengurangi human error dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Menganalisa Performa
Menggunakan sistem informasi kepegawaian dapat membantu menganalisa performa Perusahaan anda. Karena sistem ini dilengkapi oleh berbagai macam metrik yang memang berhubungan dengan pengambilan keputusan.

Meningkatkan Keamanan Data Karyawan
Pentingnya data karyawan untuk di jaga oleh Perusahaan harus ditingkatkan. Karena hal data tersebut mengarah kepada data personal. Maka dari itu, sistem informasi kepegawaian dapat membantu untuk meningkatkan keamanan data karyawan.

Mengapa demikian? Karena hanya bisa diakses oleh orang-orang yang bersangkutan dengan data karyawan dan hal tersebut akan sangat membantu untuk meminimalisir pencurian data dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Menghemat Biaya Operasional HRD
Sistem ini dapat membantu untuk menghemat biaya pengeluaran operasional HRD. Perangkat ini dapat membantu untuk mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja SDM. Karena seluruh pekerjaan dapat ditangani secara otomatis.

Fungsi sistem informasi kepegawaian online, antara lain:

• Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat
• Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi
• Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan SDM
• Mengembangkan proses perencanaan yang efektif
• Memperbaiki produktivitas SDM dalam perusahaan
• Menyediakan Informasi Pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai
• Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)