Deretan Harta Karun RI yang Dijual ke China, Nomor 2 Bikin Elon Musk Kepincut

Minggu, 29 Mei 2022 - 10:05 WIB
loading...
Deretan Harta Karun RI yang Dijual ke China, Nomor 2 Bikin Elon Musk Kepincut
Deretan harta karun RI yang dijual ke China. FOTO/REUTERS/Yusuf Ahmad
A A A
JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil bumi. Bahkan tak jarang menyimpan harta karun tambang yang diburu oleh beberapa negara, yang salah satunya adalah China .

Indonesia meskipun terkenal akan kekayaan bahan tambangnya namun kurang bisa memanfaatkan dengan baik. Ini dikarenakan Indonesia masih terlena dengan penjualan bahan tambang mentah daripada mengolahnya sendiri sehingga dapat meningkatkan produk tambang yang bisa menghasilkan nilai yang lebih tinggi.



China sendiri memang dikenal sebagai negara yang suka memburu harta karun tambang dari Indonesia. Negeri tirai bambu ini bahkan sempat diberitakan melakukan impor ilegal terkait bahan tambang. Untuk mengatasi itu Presiden Jokowi sempat menyetop ekspor bahan mentah ke negara lain.

Inilah 4 harta karun tambang Indonesia yang diekspor ke China:

1. Aspal

Indonesia diketahui sempat mengekspor hingga 500 ton aspal ke China. Ini bahkan telah dikonfirmasi oleh Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara dan Manajer PT Putindo Bintech.

Pengiriman harta karun tambang Indonesia satu ini dilakukan menggunakan kapal laut melalui pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo.

Jenis aspal yang diekspor merupakan tipe BRA/BGA. Sebagai bahan campuran aditif atau biasa dikenal dengan istilah beraspal panas.

Selain diekspor ke luar negeri, ada juga yang dikirimkan ke daerah sendiri, seperti ke Jawa, Sumatra, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Total yang dikirimkan ke daerah ini berjumlah lebih banyak 8 ton dari yang dikirim ke luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)