4 Pengusaha Muslim Terkaya di Indonesia, Nomor 4 Putera Asli Dayak

Senin, 18 Juli 2022 - 17:19 WIB
loading...
A A A
Pengusaha yang pernah menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian di masa pemerintahan Presiden SBY itu juga punya saham di industri penerbangan nasional, yaitu Garuda Indonesia. Seiring pesatnya digitalisasi, CT juga merambah bisnis bank digital melalui Allo Bank.



2. Garibaldi Thohir
Nama Garibaldi Thohir masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2021. Pengusaha asal Bandar Lampung ini berada di urutan ke-17 dengan angka kekayaan mencapai USD2,6 miliar atau setara Rp38,7 triliun jika menggunakan kurs saat ini.

Garibaldi Thohir atau kerap disapa Boy Thohir merupakan pengusaha nasional dan investor yang cukup terkemuka di Tanah Air.

Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir ini dikenal sebagai pengusaha dan eksportir batu bara melalui PT Adaro Energy Tbk (ADRO), perusahaan yang dikembangkannya bersama Edwin Soeryadjaya dan Theodore Permadi.

Boy Thohir menjadi salah satu pendiri perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor yaitu Wahana Ottomitra Multiartha atau dikenal dengan WOM Finance pada 1997. Pria kelahiran 1 Mei 1965 ini juga memiliki saham di Merdeka Gold Copper, Nusantara Pelabuhan Handal, dan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Hutchison 3 Indonesia.

Boy Thohir juga menjejakkan kakinya di bisnis digital, di mana dia menjabat komisaris Gojek dan berinvestasi di startup gaya hidup islami Umma. Tak hanya itu, keluarganya juga menjalankan bisnis restoran dan perhotelan.



3. Aksa Mahmud
Namanya mungkin agak asing di telinga masyarakat Indonesia, namun bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) Aksa Mahmud sangat dikenal sebagai pengusaha muda dan politikus sukses.

Ragam bisnis dari pemilik dan pendiri Bosowa Corp ini mencapai puluhan, mulai dari semen, properti, otomotif, logistik, jasa keuangan, infrastruktur, pertambangan, energi hingga media. Aksa juga menggarap agribisnis, termasuk 100.000 hektare sawah di Papua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7077 seconds (0.1#10.140)