Duh, Hanya 10% Pekerja di Indonesia yang Punya Program Pensiun

Rabu, 20 Juli 2022 - 17:38 WIB
loading...
Duh, Hanya 10% Pekerja di Indonesia yang Punya Program Pensiun
Karyawan beraktivitas di kantor sebuah perusahaan di Jakarta. Arsip Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, terdapat sebanyak 13,65 juta peserta program jaminan pensiun dari total penduduk yang bekerja sebanyak 135,61 juta (data BPS Februari 2022). Artinya, angka tersebut menunjukkan bahwa hanya sekitar 10% lebih pekerja yang memiliki program pensiun.

"Hal ini perlu menjadi perhatian dan fokus kita bersama untuk bisa dicarikan solusinya, guna dapat memberikan pelindungan dan jaminan kesejahteraan bagi masyarakat dengan tetap memperhatikan kemampuan fiskal negara," ujar Menaker dalam keterangan pers, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Realisasi Investasi Kuartal II Rp302,2 T, Menteri Bahlil: Menyerap 320 Ribu Pekerja

Dia menjelaskan, pemerintah saat ini masih perlu melakukan harmonisasi dalam memberikan pelindungan sebagai tindak lanjut dari asas gotong royong pada sistem jaminan sosial nasional sebagaimana diamanahkan dalam UU Nomor 40 Tahun 2004.

Menurut Ida, langkah itu dilakukan dalam rangka pelindungan jaminan sosial bagi masyarakat di masa tua terkait dengan program jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Baca juga: RI Stop Kirim Pekerja Migran, Kebutuhan Malaysia Capai 1,2 Juta Tenaga Kerja

"Hal ini merupakan salah satu bentuk program jaminan sosial, yang bertujuan untuk melindungi penghidupan dan kesejahteraan bagi pekerja ketika memasuki usia nonproduktif," tandasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1253 seconds (10.177#12.26)