Sandi Uno Dorong Para Pelaku Parekraf Balikpapan Manfaatkan IKN Nusantara

Senin, 25 Juli 2022 - 10:19 WIB
loading...
Sandi Uno Dorong Para Pelaku Parekraf Balikpapan Manfaatkan IKN Nusantara
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong para pelaku parekraf untuk memanfaatkan pembangunan IKN Nusantara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ( parekraf ) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk memaksimalkan peluang dari pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan meningkatkan inovasi dan kreativitas terhadap produk serta promosi melalui digitalisasi.



Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, geliat dari pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memberikan dampak yang luas terhadap penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja, termasuk di Kota Balikpapan.

"Kita bisa melihat dampak dari pembangunan IKN mulai menggeliat, ada peningkatan ekonomi karena banyak kunjungan dari penyiapan IKN. Ini adalah buah dari kerja keras Bapak Presiden Jokowi delapan tahun terakhir, termasuk di Balikpapan," kata Sandi dikutip dari keterangan resminya, Senin (25/7/2022).

Untuk itu, ia mendorong agar para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya pelaku UMKM memaksimalkan dan menangkap peluang tersebut dengan meningkatkan inovasi dan promosi terhadap produk. Lebih lanjut Menparekraf menuturkan, Balikpapan memiliki subsektor aplikasi dan games yang kini sudah ditetapkan sebagai subsektor unggulan.

Namun, ia tidak menampik bahwa masih ada pekerjaan rumah (PR) untuk membantu pelaku ekraf mengembangkan usaha ini.

"Tadi kita dengar langsung dari para pelaku ekonomi kreatif, mereka ingin diberikan bantuan karena sekarang harga-harga meningkat, biaya hidup juga terangkat, dan lapangan kerja masih sulit didapat. Ini yang menjadi PR buat kita, saya berkomitmen atas arahan dari Komisi X DPR RI bahwa kemenparekraf harus hadir di tengah masyarakat dengan kegiatan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," kata Sandi.



Tidak hanya untuk subsektor game, tapi juga subsektor lainnya seperti kuliner, fesyen, dan kriya. "Kita harapkan ekonomi kreatif dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Balikpapan," pungkas dia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)