Menko PMK: Polbangtan Kementan Ujung Tombak Regenerasi Petani Indonesia

Minggu, 21 Agustus 2022 - 20:41 WIB
loading...
A A A
“Kita mau perguruan tinggi menjadi tonggak kekuatan negara ini untuk menghadirkan makan kepada 267 juta orang. Kita juga ingin perguruan tinggi memperkuat negara ini agar menjadi kuat,” kata Mentan Syahrul tiap kali berdialog dengan mahasiswa di seluruh Indonesia, khususnya mahasiswa Polbangtan.

(Baca juga:Mulai Minim, Indonesia Perlu Pikirkan Kembali Regenerasi Petani)

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengingatkan hal serupa bahwa sikap dan karakter jiwa yang baik dapat membentuk mahasiswa Polbangtan sebagai job creator dan job seeker bermental baja, pekerja keras dan cerdas menjadi wirausahawan milenial yang profesional.

“Generasi milenial khususnya di lingkup pendidikan vokasi Kementan harus beradaptasi memanfaatkan peluang dan memenangkan kompetisi,” kata Dedi.

Ketahanan Pangan
Sebagaimana diketahui, Polbangtan merupakan institusi pendidikan tinggi vokasi binaan BPPSDMP Kementan. Visi dan misi menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan SDM pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Ravik Karsidi mengingatkan Polbangtan Malang menjadi salah satu wadah untuk menciptakan SDM pertanian yang mandiri dan kompetitif baik dalam keterampilan teknis, pemanfaatan teknologi, serta paham akan model bisnis dan manajemennya.

“Bangun dan tingkatkan industri pertanian yang masih menjadi salah satu lapangan kerja terbesar. Ketika pandemi sangat berat melanda Indonesia dua tahun lalu, sektor pertanian terbukti mampu bertahan bahkan membantu meredam laju pengangguran,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK Muhajir Effendy melalui Ravik Karsidi menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di Polbangtan Malang.

“Menko PMK berpesan, lanjutkan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan melakukan inovasi tanpa henti sekaligus menyiapkan SDM pertanian untuk ketahanan pangan di masa depan. Pertanian yang kuat akan mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang kuat pula,” katanya.

Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana membuka kuliah umum dengan mengurai tentang Polbangtan Malang yang berlokasi di Lawang, Malang, yang menggelar program vokasi dalam berbagai ilmu terapan untuk mendukung pembangunan pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)