Mengurai Fakta Cara Eropa Mencari Pengganti Gas Rusia Saat Pasokan Diputus

Kamis, 01 September 2022 - 05:09 WIB
loading...
Mengurai Fakta Cara Eropa Mencari Pengganti Gas Rusia Saat Pasokan Diputus
Pipa Nord Stream 1 yang mengangkut gas Rusia ke Jerman akan menjalani perbaikan dari 31 Agustus-2 September, hal itu memicu kekhawatiran tentang pasokan ke Eropa. Berikut beberapa opsi yang bisa diambil. Foto/Dok
A A A
BRUSSELS - Pipa Nord Stream 1 yang mengangkut gas Rusia ke Jerman akan menjalani perbaikan dari 31 Agustus-2 September, hal itu memicu kekhawatiran tentang pasokan ke Eropa jika pemadaman diperpanjang. Rusia telah memangkas aliran gasnya melalui pipa menjadi 40% dari kapasitas pada Juni 2022 lalu dan menjadi 20% di bulan Juli.

Rusia juga telah mematikan aliran gas ke beberapa negara Eropa seperti Bulgaria, Denmark, Finlandia, Belanda dan Polandia. Ditambah mereka juga mengurangi pasokan melalui pipa yang lain sejak meluncurkan apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Baca Juga: Lupakan Minyak dan Gas Rusia, Inggris Sudah Tak Lagi Impor

Kali ini kita akan menguraikan opsi Eropa, jika Rusia benar-benar memangkas pasokan gas secara permanen.

Rute Gas ke Eropa

Rusia biasanya memasok sekitar 40% gas alam Eropa, dimana sebagian besarnya dikirim lewat pipa. Tercatat pengiriman gas Rusia pada tahun lalu mencapai sekitar 155 miliar meter kubik (bcm).

Melalui Ukraina, pasokan gas mengalir terutama ke Austria, Italia, Slovakia dan negara-negara Eropa timur lainnya. Namun Ukraina telah menutup pipa transit Sokhranovka yang berjalan melalui wilayah yang diduduki Rusia di timur negara itu.

Baca Juga: Jantung Industri Eropa Terancam Eksodus Pabrik Imbas Krisis Gas

Pecahnya perang Ukraina membuat negara-negara Eropa berusaha untuk menemukan pasokan gas alternatif, termasuk yang terputus oleh Rusia setelah menolak permintaan Moskow untuk membeli gas dengan mata uang rubel.

Sementara yang lainnya, termasuk Jerman yang masih bergantung terhadap gas Rusia mencoba mengisi ulang penyimpanan gas menjelang musim dingin. Rute alternatif ke Eropa yang tidak melalui Ukraina termasuk pipa Yamal-Eropa, yang melintasi Belarus dan Polandia untuk kemudian sampai ke Jerman.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3703 seconds (11.210#12.26)