Jaga Iklim Investasi di Bumi Nikel

Kamis, 22 September 2022 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, Pemprov Sulsel seharusnya tidak menyikapi keberadaan PT Vale secara emosional dan tergesa-gesa dengan rencana mengambil-alih perusahaan tersebut. Harusnya terlebih dulu melakukan analisis secara mendalam dengan mempertimbangkan kesiapan daerah serta kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Karena dirasa bahwa kontribusi sedikit, maka ingin ambil alih, tapi apakah itu gampang? Apakah ada yang bisa kelola? Apakah SDM kita ada? Bagaimana keberlangsungan tenaga kerja yang ada sekarang? Jangan gegabah memutuskan hal ini," ujarnya.



Ekonom lainnya, Abdul Madjid Sallatu, menilai PT Vale telah merancang skema investasi yang sangat besar pada masa mendatang. Bahkan, dua proyek PT Vale di Blok Bahodopi dan Blok Pomalaa masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal tersebut tentunya telah dibahas bersama pemerintah, sehingga akan terganggu dengan adanya penolakan perpanjangan konsesi.

"Terkait dengan hal ini, juga menyangkut good will (nama baik) pemerintah di mata investor. Apalagi dalam kondisi perekonomian global yang masih volatile saat ini, tentu pemerintah berkepentingan menjaga hubungan baik dengan investor," jelas Madjid.

Lebih jauh, ia menerangkan nikel merupakan salah satu hasil tambang yang memiliki prospek industri hilir yang sangat potensial, apalagi permintaan pasar global sangat besar terhadap komoditas ini. Tidak heran, tidak sedikit perusahaan yang berminat untuk terjun dalam pertambangan nikel.

"Kalau dipelajari dari perkembangan PT Vale dan sebelumnya PT Inco, ternyata sistem dan manajemen pengelolaannya sangat tidak sederhana. Bahkan bisa dicermati di sana, bahwa pengelolaannya harus mampu membangun budaya, baik organisasi maupun manusia yang terlibat di dalamnya," tuturnya.

Akademisi di bidang lingkungan asal Unhas, Irwan Ridwan Rahim, menambahkan PT Vale merupakan salah satu perusahaan yang pengelolaan lingkungannya sangat baik. Hal itu terbukti dari predikat Hijau dalam pemeringkatan Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).



Dia pun mempertanyakan kesiapan Pemprov Sulsel yang ingin mengambil-alih pengelolaan perusahaan pertambangan sebesar PT Vale. Terlebih, dibutuhkan komitmen kuat dalam mempraktikkan prinsip pertambangan berkelanjutan yang tidak hanya mementingkan untung semata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)