Soal Obat Demam Cair, YLKI: Aneh! Harusnya Ditarik dari Peredaran

Kamis, 20 Oktober 2022 - 11:07 WIB
loading...
Soal Obat Demam Cair, YLKI: Aneh! Harusnya Ditarik dari Peredaran
YLKI mengatakan seharusnya obat demam sirop ditarik dari peredaran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) menyetop peredaran obat berbentuk sirop seiring merebaknya temuan 206 kasus ginjal akut misterius pada sejumlah anak di Indonesia. Sebagai alternatifnya, Kemenkes menganjurkan penggunaan obat tablet hingga kapsul.

Baca juga: Semua Obat Sirup Dilarang, Kimia Farma Hentikan Sementara Distribusi dan Penjualan

Menanggapi kejadian itu, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, langkah yang dilakukan Kemenkes tampak ambigu. Sebab, Kemenkes hanya meminta masyarakat untuk tidak mengonsumsi obat panas cair berupa sirop yang diduga menjadi penyebab.

"Kemenkes dan Badan POM tampak ambigu. Mestinya Kemenkes dan Badan POM juga melakukan recalling (menarik) dari pasaran, terhadap produk obat panas (demam) untuk anak dalam bentuk cair atau sirop tersebut," ujar Tulus, Kamis (20/10/2022).

Tulus juga mempertanyakan mengapa kasus gagal ginjal akut pada Anak di Indonesia sangat tinggi, jika obat yang beredar di Gambia tidak beredar di Indonesia. "Ini menjadi hal yang sangat aneh dan pertanyaan yang serius," ucapnya.

Baca juga: Spesifikasi Sukhoi Su-34 yang Tabrak Apartemen di Rusia

YLKI pun meminta pemerintah untuk bergerak cepat dan sinergis dalam menangani kasus ini demi memberikan perlindungan yang menyeluruh pada masyarakat, khususnya anak-anak.

"Jangan sampai korban terus berjatuhan dan eskalatif," pungkas Tulus.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2802 seconds (11.252#12.26)