3 Penyebab Inflasi Global Saat Ini, Nomor 2 Paling Banyak Disebut

Senin, 14 November 2022 - 13:34 WIB
loading...
A A A
Pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa tahun silam di seluruh dunia menyebabkan banyak negara melakukan penguncian (lockdown), yang berakibat pengurangan aktivitas pekerjaan produksi. Setelah pandemi mereda dan negara-negara mulai terbuka, terjadi lonjakan permintaan barang. Sayangnya, tingginya permintaan tak bisa diimbangi oleh pasokan barang karena belum normalnya produksi akibat pandemi.

2. Konflik Rusia dan Ukraina

Konflik Rusia dan Ukraina sejak februari 2022 lalu ikut menjadi penyebab terjadinya inflasi global. Perang tersebut membuat harga energi, terutama gas, yang sangat dibutuhkan untuk industri menjadi tinggi. Ditambah lagi, pasokannya yang tersendat karena sanksi ekonomi yang dijatuhkan Rusia.

Perang Rusia dan Ukraina yang mengakibatkan krisis pasokan gas membuat sejumlah harga komoditas menjadi naik, seperti batu bara. Kenaikan harga komoditas itu akhirnya merembet ke sektor yang lain.



3. Kenaikan harga minyak dunia

Buat negara net importir minyak, harga emas cair itu memang kerap menjadi langganan penyebab inflasi, termasuk Indonesia. Pasalnya, bahan bakar minyak masih menjadi darah bagi perekonomian sejumlah negara, terutama untuk distribusi barang dan orang. Kenaikan harga BBM akan membuat ongkos logistik dan angkutan naik sehingga harga barang-barang juga terkerek.

Ni Made Susilawati

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)