5 Negara yang Paling Bergantung pada Laut China Selatan

Senin, 21 November 2022 - 05:42 WIB
loading...
A A A
Surat kabar terbesar Jepang, Yomiuri Shimbun melaporkan bahwa kapal perusak angkatan laut Jepang telah berulang kali berlayar melewati jalur perairan Laut China Selatan, selanjutnya di dekat pulau-pulau buatan dan terumbu karang yang diklaim oleh Beijing.

Seorang pejabat senior kementerian pertahanan yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip oleh surat kabar itu mengatakan, bahwa patroli maritim itu "dimaksudkan untuk memperingatkan China, yang mendistorsi hukum internasional, untuk melindungi kebebasan navigasi dan hukum laut."

Operasi yang dilakukan Jepang berada di bawah Pasukan Bela Diri Maritim yang dimulai pada Maret tahun lalu, demikian ungkap Yomiuri Shimbun.

Pada 22 Juli, pemerintah Jepang merilis buku putih Pertahanan Jepang 2022 yang menuduh China berusaha mengubah status quo secara sepihak di Laut China Timur dan Selatan.

Kementerian Pertahanan Nasional China menanggapi dengan teguran keras, dan menuduh dokumen itu membuat "pernyataan yang tidak bertanggung jawab."

5. Korea Selatan

Korea Selatan "sengaja diam tentang Laut China Selatan" karena ingin "mempertahankan dukungan dengan China," ungkap Graham, mengutip fokus utama Seoul tertuju pada masalah Korea Utara.

"Secara geografis, dibandingkan dengan Jepang, mereka lebih sulit untuk mengalihkan perdagangan," katanya.

"Pengakuan sebagai negara perdagangan, dan untuk mengamankan jalur pasokan, termasuk investasinya ke Vietnam, Korea Selatan memiliki angkatan laut yang aktif."

Ekonomi terbesar keempat di Asia tersebut – diperkirakan mencapai sekitar USD1,8 triliun pada tahun 2021 – dimana secara ekonomi lebih bergantung pada impor energi daripada Jepang, demikian menurut Graham.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2653 seconds (0.1#10.140)