Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa

Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:56 WIB
loading...
A A A
Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa


Boneka Bratz yang dikenal sebagai figur-figur cantik boneka Barbie sempat mengalami perselisihan pada April 2005. MGA Entertainment, sebagai perusahaan yang memproduksi boneka itu menuduh Mattel Inc meniru desain boneka Bratz.

Mattel lalu balik menuduh bahwa desainer mereka, Carter Bryant sudah bekerja lebih dulu untuk Mattel dikontrak dan semua desain buatannya jadi milik Mattel. Pengadilan akhirnya memenangkan Mattel dan meminta MGA untuk membayar denda USD100 juta. Sampai hari ini kedua perusahaan itu masih sering berselisih.

11. James Dyson vs Hoover Company

Geger Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Melibatkan Banyak Perusahaan Raksasa


James Dyson adalah seorang pengusaha asal Inggris yang terkenal dengan penemuan alat penyedot debu tanpa kantong, Dual Cyclone. Pada 1999, Dyson mengajukan gugatan kepada Hoover Company ke pengadilan.

Dyson menuding raksasa industri penyedot debu itu telah meniru produk penyedot debu bagless Dual Cyclone miliknya. Selama dua tahun kasus ini berjalan di pengadilan, Dyson awalnya menolak menerima tawaran klaim sebesar 1 juta Euro namun akhirnya ia menerima tawaran penyelesaian sebesar 4 juta Euro ditambah 2 juta Euro sebagai kompensasi kepadanya.

Sumber: www.mentalfloss.com
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)