Menguak Asal Usul Harta 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022

Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Posisi ke-8 tidak berubah dari tahun lalu yang masih ditempati oleh Boenjamin Setiawan dengan harta kekayaan mencapai USD 4,8 miliar. Boenjamin Setiawan yang memiliki gelar doktor di bidang farmakologi mendirikan Kalbe Farma di sebuah garasi pada tahun 1966 bersama kelima saudaranya.

Kalbe Farma kini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1991, dimana Setiawan dan saudara-saudaranya bersama-sama memiliki saham sama besar.

"Dr. Boen," begitu ia disapa, juga mengendalikan Mitra Keluarga yang telah diperdagangkan secara publik, dimana kini mengoperasikan 25 rumah sakit.

Lonjakan harta kekayaan juga dialami oleh Tahir, sebagai pendiri grup Mayapada, konglomerat di bidang perbankan, perawatan kesehatan dan real estat. Keluarga ini memiliki saham di Bank Mayapada dan Maha Properti Indonesia yang terdaftar dibursa.

Dia juga memiliki properti di Singapura, termasuk melalui perusahaan properti terdaftar MYP. Tahir juga ikut pemegang lisensi yang menerbitkan Forbes Indonesia. Istrinya Rosy adalah putri taipan Indonesia Mochtiar Riady.

Pada tahun 2022, kenaikan peringkat Tahir cukup signifikan dari posisi 16 tahun lalu hingga kini masuk 10 besar orang terkaya di Indonesia.

Selanjutnya menutup daftar 10 besar ada Djoko Susanto dengan harta kekayaan sebesar USD 4,1 miliar yang melompat dari peringkat ke-22 pada 2021 lalu. Djoko Susanto adalah pendiri Alfamart, yang memiliki lebih dari 19.000 toko serba ada di seluruh Indonesia dan lebih dari 1.200 toko di Filipina.

Anak keenam dari 10 bersaudara ini, Djoko Susanto mulai mengelola warung makan sederhana milik orang tuanya di dalam pasar tradisional di Jakarta pada usia 17 tahun. Dia kemudian bermitra dengan taipan rokok kretek Putera Sampoerna untuk membuka kios serupa dan kemudian jaringan supermarket yang kerap menjual produk dengan harga diskon.

Ketika Putera menjual bisnis rokoknya kepada Philip Morris pada tahun 2005, Susanto membeli bisnis ritel tersebut dan mengembangkannya menjadi jaringan Alfamart. Pada Juni 2022, perusahaan miliknya membeli saham Bank Aladin Syariah senilai USD30 juta, yang menyediakan layanan keuangan yang sesuai dengan syariah.

Daftar 10 orang terkaya di Indonesia dan sumber kekayaannya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3423 seconds (0.1#10.140)