Subsidi Elpiji 3 Kg Akan Dilakukan Tertutup, Tahap Awal Beli dengan Menunjukkan KTP

Senin, 26 Desember 2022 - 15:21 WIB
loading...
A A A
Dia mengutarakan bahwa ke depan subsidi LPG 3 kg dilakukan secara tertutup. Dia menuturkan, data pembeli LPG 3 kg selanjutnya akan dicocokkan dengan data P3KE.

"Iya (secara tertutup), dengan menyerahkan KTP, kemudian kan nanti ada data, dicocokkan data P3KE ya, itu memang orang-orang yang miskin," tutur dia.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan, bahwa impor Liquefied Petroleum Gas (LPG) Indonesia mencapai Rp80 triliun. Nilai inport itu pun katanya masih harus disubsidi lagi oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp60 triliun hingga Rp70 triliun supaya bisa dinikmati masyarakat dengan harga murah.

"Rp80 triliun itu pun harus disubsidi untuk sampai ke masyarakat karena harganya tinggi sekali. Subsidinya antara Rp60 triliun hingga Rp70 triliun," kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Menurut mantan walikota Solo itu, impor tersebut harus segera dihentikan. Pasalnya, negara lain yang diuntungkan dari impor itu. Padahal Indonesia memiliki bahan bakunya yakni batu bara yang bisa diubah menjadi dimetil eter alias DME.

DME sendiri merupakan merupakan jenis bahan bakar yang terdiri dari senyawa organik. Produk bernilai tambah dari batu bara itu dapat menjadi bahan bakar pengganti LPG.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)