Selain Singapura, Ini Negara-Negara yang Lebih Dulu Mengalami Resesi Akibat Pandemi

Rabu, 15 Juli 2020 - 13:14 WIB
Memasuki kuartal II, para ekonom memprediksi perekonomian Jerman akan terpuruk lebih dalam. Pasalnya, dampak kebijakan lockdown di negara ini akan mulai dirasakan sektor ekonomi. Ifo Institute memperkirakan pada kuartal II tahun ini ekonomi Jerman bakal melorot 12,4%. Memasuki Semester II, ekonomi Jerman diprediksi mulai membaik. Hingga akhir tahun nanti perumbuhan ekonomi negara ini akan berada dikisaran -3,9% hingga -9,3%.

Prancis

Meski telah resmi mengalami resesi, namun ternyata kondisi ekonomi Jerman masih lebih baik dari nagara Eropa lainnya, seperti Prancis. Menurut data badan statistik negara itu INSEE, PDB Prancis, turun 5,8% di kuartal I 2020. Ini menjadi penurunan terbesar sejak 1949.

Sebelumnya, di kuartal akhir 2019, PDB Prancis telah merosot -0,1%. Tahun ini ekonomi Prancis memang melemah, dampak dari kebijakan lockdown yang diberlakukan. Kebijakan lockdown di Prancis ini, disebut sebagai yang paling ketat di seluruh negara Eropa.

Bank of France (BoF) memperkirakan ekonomi Prancis tahun ini berada pada resesi terburuk sejak Perang Dunia II. BoF memperkirakan pada kuartal II ini ekonomi Prancis akan mencapai minus 15%. Hingga akhir tahun Lembaga ini memperkirakan ekonomi Prancis bakal merosot antara minus 10,3% hingga minus 16%. BoF mengatakan, perlu waktu minimal dua tahun untuk memulihkan ekonomi negara ini.

Italia dan Inggris

Negara Eropa lainnya yang juga masuk dalam fase resesi adalah Italia. Negeri Pizza ini mencatat pertumbuhan ekonomi minus 0,3% di kuatal IV-2019. Lalu tren pertumbuhan yang negatif ini berlanjut di kuartal I-2020, menjadi minus 4,7.

Sementara Inggris dikabarkan tengah memamasuki kondisi ekonomi yang amat suram dalam 300 tahun terakhir ini. Selain harus menghadapi dampak akibat virus Corona, negeri Ratu Elizabeth ini juga menghadapi kebijakan Brexit, keluar dari keanggotaan UniEropa, yang mulai berlaku 31 Januari 2020.

Di Kuartal I 2020, pertumbuhan ekonomi Inggris tercatat minus 2,2%. Sebelumnya pada kuartal IV-2019, ekonomi negara monarki ini tidak bergerak alias tumbuh 0%. Memasuki kuartal II tahun ini kondisi ekonomi Inggris diprediksi akan makin parah.

Bank of England mencatat hingga bulan Mei lalu saja ekonomi Inggris sudah menyusut 14% dibandingkan pertumbuhan tahun lalu. Ini merupakan penyusutan tahunan terbesar sejak tahun 1706. Yang lebih mengerikan lagi, pertumbuhan PDB Inggris pun diramal anjlok hingga 25% hingga akhir Juni 2020.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More