Dunia Bertambah Tua, Tapi Tidak dengan India dan Indonesia dengan Angkatan Kerja Muda

Senin, 27 Mei 2024 - 15:18 WIB
Dana global telah menggelontorkan USD5,5 miliar ke obligasi India tahun ini pada prospek inklusi indeks, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Investor merasa nyaman bahwa anggaran sementara India yang diumumkan pada bulan Februari tetap fokus pada belanja infrastruktur, bukan kebijakan populis menjelang pemilihan umum yang dimulai pada bulan April.

Sebagai perbandingan, investor internasional telah menarik USD1,8 miliar karena janji pemerintahan yang akan datang untuk meningkatkan pengeluaran menimbulkan kekhawatiran tentang kesehatan fiskal.

"Populasi yang menua meningkatkan biaya perawatan kesehatan dan pensiun, membuat ekonomi negara maju punya banyak masalah sosial yang lebih komprehensif dibandingkan dengan sebagian besar ekonomi Emerging Markets (EM)," kata Sanjay Shah, direktur pendapatan tetap di HSBC Global Asset Management.

"Di negara-negara berkembang, beban program pensiun mungkin lebih terhuyung-huyung dan kurang berorientasi pada manfaat tetap," sehingga mengurangi beban pendanaan negara, kata Shah.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More