10 Negara Termiskin di Dunia versi IMF 2024, Ada Fakta yang Tak Terduga

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:41 WIB
Baru-baru ini, lembaga tersebut juga menyatakan bahwa setengah dari 75 negara paling rentan di dunia menghadapi kesenjangan pendapatan yang semakin besar dengan negara-negara terkaya untuk pertama kalinya dalam abad ini.

Selama dua dekade terakhir, diyakini secara luas bahwa sebagai akibat dari negara-negara berpenghasilan rendah yang umumnya meningkatkan standar hidup mereka lebih cepat dibandingkan negara-negara maju dengan konvergensi ekonomi progresif antara negara-negara kaya dan miskin pada akhirnya akan terjadi.

Namun, satu dari tiga negara di kelompok rentan yang terdiri dari 75 negara yang dihuni oleh seperempat umat manusia, yaitu 1,9 miliar orang, saat ini berada dalam kondisi yang lebih miskin dibandingkan pada masa sebelum pandemi Covid-19.

Angka-angkanya sangat mengejutkan. Pada 10 negara terkaya di dunia, rata-rata daya beli per kapita tahunannya melebihi USD110.000. Sementara, di 10 negara termiskin di dunia rata-rata daya belinya kurang dari USD1.500. Lebih buruk lagi, kemiskinan cenderung menambah kemiskinan.

Baca Juga: Siasati Sanksi Baru AS, Yuan Gantikan Dolar Jadi Acuan Dagang di Rusia

Dalam edisi terbaru laporan World Economic Outlook, Dana Moneter Internasional (IMF) menjelaskan bagaimana negara-negara miskin justru bertambah miskin. Penurunan pertumbuhan berarti memburuknya prospek atau standar hidup dan pengentasan kemiskinan global. Lingkungan dengan pertumbuhan rendah yang sudah mengakar, ditambah dengan suku bunga yang tinggi, akan mengancam keberlanjutan utang dan dapat memicu ketegangan sosial serta menghambat transisi ramah lingkungan.

"Selain itu, ekspektasi terhadap pertumbuhan yang lebih lemah dapat menghalangi investasi," berikut laporan IMF dlansir dari Global Finance, Minggu (15/6/2024).

Berikut 10 negara termiskin di dunia versi IMF 2024;

1. Sudan Selatan

Sebagai negara termiskin di antara negara-negara termiskin di dunia, Sudan Selatan telah dilanda kekerasan sejak negara tersebut didirikan pada tahun 2011. Kaya akan cadangan minyak, negara yang tidak memiliki daratan dan berpenduduk sekitar 15 juta jiwa ini merupakan contoh dari 'kutukan sumber daya,' di mana kelimpahan mendorong politik dan ekonomi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More