10 Negara Termiskin di Dunia versi IMF 2024, Ada Fakta yang Tak Terduga

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:41 WIB
Malawi telah menikmati pemerintahan yang stabil sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1964. Namun, pada tahun 2020, Mahkamah Konstitusi membatalkan kemenangan mantan presiden Peter Mutharika dalam pemilihan umum dengan alasan adanya kecurangan suara. Teolog dan politisi Lazarus Chakwera, yang dilantik sebagai presiden, menyatakan bahwa ia ingin memberikan kepemimpinan yang membuat semua orang sejahtera, tetapi perubahan struktural berjalan lambat.

Saat ini, Malawi sedang bergulat dengan krisis ekonomi yang menyebabkan kekurangan bahan bakar, lonjakan harga pangan, dan devaluasi mata uang yang tajam. Pada 2023, menurut Bank Dunia lebih dari 70% populasi diperkirakan hidup di bawah garis kemiskinan internasional.

8. Liberia

Republik tertua di Afrika ini telah menduduki peringkat di antara negara-negara termiskin di dunia selama bertahun-tahun. Harapan tinggi ketika mantan bintang sepak bola George Weah menjadi presiden pada tahun 2018.

Tahun-tahun masa jabatannya justru dirusak oleh inflasi tinggi, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi negatif, hingga pada tahun 2023 ia dikalahkan oleh pemimpin oposisi dan mantan wakil presiden Joseph Boakai dalam putaran baru pemilihan umum.

Boakai mungkin lebih mudah daripada Weah: setelah mengalami kontraksi pada tahun 2020 dan 2021, pertumbuhan dimulai kembali pada tahun 2022. Sekarang diproyeksikan mencapai sekitar 5,3% pada tahun 2024 dan tetap di atas 6% di tahun-tahun mendatang.

9. Madagascar

Sejak merdeka dari Perancis pada tahun 1960, Madagaskar telah mengalami ketidakstabilan politik, kudeta dengan kekerasan, dan pemilihan umum yang disengketakan. Terpilih pada tahun 2019, presiden Andry Rajoelina berkuasa dengan janji untuk memberantas korupsi, mengurangi kemiskinan, dan mengembangkan ekonomi.

Sebagian besar, janji tersebut ternyata hanya berupa janji. Madagaskar masih memiliki salah satu tingkat kemiskinan tertinggi di dunia, yaitu sekitar 75%, pertumbuhan ekonomi yang lamban, dan inflasi yang mencapai hampir 8%. Meski begitu, Rajoelina terpilih kembali pada Desember 2023.

10. Yaman
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More