10 Negara Termiskin di Dunia versi IMF 2024, Ada Fakta yang Tak Terduga

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:41 WIB
Sejak memperoleh kemerdekaan dari Belgia pada tahun 1960, Republik Demokratik Kongo telah mengalami beberapa dekade kediktatoran yang kejam, ketidakstabilan politik, dan kekerasan yang terus menerus, menjadikannya langganan dalam peringkat negara termiskin di dunia.

Sekitar 65% dari sekitar 100 juta penduduk negara ini bertahan hidup dengan pendapatan kurang dari USD2,15 per hari. Namun, Bank Dunia mengatakan bahwa Republik Demokratik Kongo memiliki sumber daya dan potensi untuk menjadi salah satu negara terkaya di Afrika dan pendorong pertumbuhan bagi seluruh benua. Negara ini sudah menjadi produsen kobalt terbesar di dunia dan sumber tembaga terkemuka di Afrika dalam produksi kendaraan listrik.

5. Mozambique

Kaya akan sumber daya dan letaknya yang strategis, negara bekas jajahan Portugis ini sering membukukan tingkat pertumbuhan PDB rata-rata lebih dari 7% dalam satu dekade terakhir. Namun, Mozambik masih terperosok di antara sepuluh negara termiskin di dunia, dengan kondisi iklim yang parah dan ketidakstabilan politik sebagai penyebab utamanya.

Lebih buruk lagi, sejak tahun 2017 serangan-serangan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok pemberontak Islam telah melanda bagian utara negara ini yang kaya akan gas. Namun, menurut IMF, ekonomi tetap berada dalam kondisi yang baik. Ekonomi akan tumbuh sekitar 5% pada tahun 2024 dan 2025, dan diproyeksikan akan mencapai pertumbuhan dua digit pada akhir dekade ini.

6. Nigeria

Dengan 80% wilayahnya yang terkurung daratan ditutupi oleh Gurun Sahara dan populasi yang berkembang pesat yang bergantung pada pertanian skala kecil, Nigeria terancam mengalami penggurunan. Kerawanan pangan tinggi, begitu juga dengan tingkat penyakit dan kematian. Bentrokan berulang antara tentara dan afiliasi Negara Islam (ISIS), Boko Haram, telah menyebabkan ribuan orang mengungsi.

Pada tahun 2021, Nigeria melantik presiden baru seorang mantan guru dan mantan menteri dalam negeri Mohamed Bazoum - sebagai peralihan kekuasaan demokratis yang pertama. Dengan ekonomi yang tumbuh sebesar 12% pada tahun 2022, segala sesuatunya tampak membaik. Namun, pada musim panas 2023, Bazoum digulingkan dan dipenjara oleh anggota pengawal presiden. Junta militer tetap berkuasa sejak saat itu.

7. Malawi

Sebagai salah satu negara terkecil di Afrika, ekonomi Malawi, yang sebagian besar bergantung pada tanaman tadah hujan masih rentan terhadap guncangan cuaca. Kerawanan pangan di daerah pedesaan sangat tinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More