Singapura Digulingkan, Hong Kong jadi Pusat Keuangan Teratas Asia

Kamis, 26 September 2024 - 15:01 WIB
Sebelumnya Federal Reserve AS atau bank sentral Amerika menurunkan suku bunga utamanya sebesar setengah poin persentase sebagai awal yang agresif untuk siklus pelonggaran moneter. Sementara bank komersial Hong Kong memangkas suku bunga dasar dan deposito mereka sebesar seperempat poin.

Hapir bersamaan, berbagai stimulus yang diumumkan oleh China pada hari Selasa, telah memberikan dorongan lebih lanjut ke pasar saham.

Di Asia, Kuala Lumpur meningkatkan peringkatnya secara signifikan, naik 13 poin menjadi 680 ke peringkat ke-59 secara global. Sedangkan skor Hong Kong juga naik delapan poin menjadi 749 diikuti oleh Singapura, yang bertambah lima poin menjadi 743.

"Ini adalah tonggak sejarah yang sangat penting bagi Hong Kong karena implikasi praktis dan tematik dari laporan ini bagi investor global agak besar," kata Damien Green, direktur Dewan Pengembangan Jasa Keuangan, yang mempromosikan pasar keuangan Hong Kong.

"Lebih dari segalanya, laporan ini menunjukkan bahwa hari-hari terbaik Hong Kong sebagai kota global ada di depan," terangnya.

Status ini diyakini bakal membuat Hong Kong semakin menjadi incaran bagi para manajer investasi global di tengah risiko yang makin meningkat.

Skor yang didapatkan Hong Kong termasuk yang tertinggi pada berbagai bidang seperti daya saing, termasuk lingkungan bisnis, sumber daya manusia, infrastruktur dan reputasi. Hong Kong menempati peringkat pertama secara keseluruhan dalam manajemen investasi.

"Hong Kong mencetak nilai tinggi di banyak bidang adalah hasil dari promosi pemerintah tentang family offices, manajemen kekayaan, fintech dan keuangan hijau," kata Menteri Keuangan, Paul Chan Mo-po, yang saat ini berada di Spanyol, dalam sebuah posting Facebook pada hari Selasa.

"Bahkan ketika saya bepergian di Spanyol untuk mempromosikan Hong Kong, banyak kontak saya di Eropa sekarang menunjukkan minat yang besar pada pasar Hong Kong," tambah Chan.

Laporan itu yang juga menilai kemampuan fintech pusat keuangan, menempatkan Hong Kong di antara 10 besar dalam kategori tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More