Dari Desa Membangun Ekonomi Indonesia

Selasa, 25 Mei 2021 - 06:32 WIB
Praktek yang sudah ada, dua minggu (per desa) selesai.

Target rampung secara nasional?

Kita tekan 30 Mei (ini) meskipun kita tahu enggak mungkin. Akan tetapi banyak sudah. Maka, kita siapkan piagam penghargaan untuk desa yang sudah selesai pada 30 Mei. Nanti kita sampaikan lagi yang selesai Juli. Ini level dua. Yang 30 Mei ini itu desa utama dalam penyelesaian pemutakhiran data. Kita genjot sampai pembahasan rencana kerja pembangunan desa (RKPD) 2022 sudah mayoritas berbasis data. Saya yakin 74.961 desa selesai Juli.

Bisakah mendorong kebangkitan desa?

Hampir pasti. Karena apa? Sudah terukur. Kita ngomong itu sudah punya tolak ukur. Paling mendasar itu hasil BPS, misalnya pengangguran di desa lebih rendah daripada kota. Ini juga dampak berbagai kebijakan pemerintah yang menukik ke desa, termasuk BLT, padat karya tunai.

Dimana peran BUMDes?

BUMdes (sekarang) berbadan hukum. Ini pemicu (kebangkitan ekonomi), makanya kita genjot terus. Banyak BUMDes yang berhasil menaikkan omzet karena sudah bersinergi dengan berbagai perusahaan. Utamanya di daerah-daerah perkebunan sawit.

Contohnya dimana?

Misalnya di Kaltim, ada BUMDes yang bisa menyelesaikan KPM BLT dari 182 (KK), (sekarang) tinggal 12. (Ekonomi warga) naik kelas. Turun (kemiskinan) karena sudah mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. Bahkan di atas UMK wilayah itu.

Apa usaha BUMDes itu?
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More