Harta Miliarder Ukraina Raib Rp138,8 Triliun Sejak Invasi Rusia

Jum'at, 08 April 2022 - 11:33 WIB


Seperti Rinat Akhmetov, salah satu orang terkaya Ukraina mengatakan, kepada Forbes dalam sebuah wawancara pada 10 Maret bahwa perusahaan induk industrinya System Capital Management (SCM) "membantu tentara dan pasukan pertahanan teritorial,". Sementara Poroshenko mengenakan, jaket antipeluru dan mengambil senapan saat tampil di televisi Barat.

Berikut adalah daftar 7 teratas miliarder Ukraina, lengkap dengan sumber dan harta kekayaan mereka. Forbes menerangkan penghitungan kekayaan bersih adalah pada daftar Miliarder Dunia 2022, menggunakan harga saham dan nilai tukar mata uang mulai 11 Maret 2022.

1. Rinat Akhmetov

Kekayaan Bersih: USD4,2 miliar

Sumber Kekayaan: Baja, Batu bara

Kerugian sejak invasi: - USD4,3 miliar

Putra seorang penambang batu bara, yang tumbuh menjadi orang terkaya di Ukraina, Akhmetov adalah miliarder yang kekayaannya paling tergerus akibat perang. Dia memiliki saham di beberapa perusahaan industri melalui SCM, dan holding terbesarnya adalah perusahaan pertambangan dan baja Metinvest Group, salah satu perusahaan swasta terbesar di Ukraina.

Pabrik Metinvest di kota Mariupol yang terkepung dan di kota garis depan Avdiivka mengalami kerusakan akibat serangan Rusia dan perusahaan menyatakan, force majeure pada 28 Februari. Pada 31 Maret, Akhmetov menerangkan dalam sebuah pernyataan resmi bahwa SCM akan mengajukan tuntutan hukum terhadap Rusia atas kerusakan terkait dengan invasi.

Kepemilikan terbesar berikutnya adalah di perusahaan energi DTEK yang menyediakan sekitar 30% listrik Ukraina sebelum perang dari campuran bahan bakar fosil dan energi terbarukan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More