Harta Miliarder Ukraina Raib Rp138,8 Triliun Sejak Invasi Rusia

Jum'at, 08 April 2022 - 11:33 WIB
Kerugian Sejak Invasi: - USD700 juta

Pinchuk kehilangan sebagian kekayaannya dari Interpipe, produsen produk baja yang ia dirikan pada tahun 1990. Hancur oleh aneksasi Krimea pada tahun 2014, yang menyebabkannya kehilangan semua bisnisnya di Rusia, Interpipe menghentikan produksi dan ekspor pada akhir Februari setelah invasi dimulai.

Pinchuk yang saat ini memiliki real estat senilai hampir USD1 miliar di luar Ukraina dan sekitar USD600 juta dalam bentuk tunai dan seni, adalah salah satu miliarder paling pro-Barat di Ukraina.

Dia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan yang fokus pada Ukraina di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss dan menyelenggarakan "makan siang Ukraina" di Konferensi Keamanan Munich pada 19 Februari, lima hari sebelum pasukan Rusia menginvasi Ukraina.

3. Vadim Novinsky

Kekayaan Bersih: USD1,3 miliar

Sumber Kekayaan: Baja

Kerugian Sejak Invasi: -USD2,2 miliar

Novinsky memegang saham minoritas di Metinvest Akhmetov. Miliarder kelahiran Rusia itu memperoleh kewarganegaraan Ukraina pada 2012 dan kemudian memenangkan pemilihan parlemen negara itu sebagai anggota partai Blok Oposisi pro-Rusia.

Sementara itu dia telah lama dipandang sebagai salah satu miliarder Ukraina yang paling ramah terhadap Putin, dimana dia mencoba memulai negosiasi dengan Rusia sebelum invasi dan melarikan diri dari negara itu ketika ketegangan meningkat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More