Fantastis, Impor Minyak India dari Rusia Melonjak 400%

Minggu, 19 Februari 2023 - 17:00 WIB
loading...
Fantastis, Impor Minyak India dari Rusia Melonjak 400%
Rusia menggunakan sejumlah kapal China melakukan impor ke Asia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Impor minyak mentah India dari Rusia melonjak hingga 400% sepanjang tahun fiskal. Berdasarkan laporan Nikkei Asia, Kementerian Perdagangan India lonjakan tersebut didorong oleh diskon besar-besaran.

Malansir rt.com, pertumbuhan diskon tersebut disebar di tengah sanksi barat dengan menargetkan ekspor minyak lintas laut baik produk minyak mentah maupun bensin.

Rusia dilaporkan menduduki peringkat terbesar keempat sebagai negara importir ke India setelah China, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat (AS).



Nilai total impor India dari Rusia mencapai USD37,31 miliar naik dari USD7,71 miliar sepanjang tahun lalu menandai pertumbuhan sebesar 384%. Rusia menyumbang 6,2% dari total impor negara Asia Selatan selama periode tersebut.

"India melakukan impor minyak mentah untuk dijadikan produk bahan bakar minyak (BBM)" kata Sekretaris Perdagangan Sunil Barthwal.

Di sisi lain, ekspor produk minyak India mengalami peningkatan signifikan. Dari April 2022 hingga Januari 2023, jumlahnya mencapai USD78,58 miliar meningkat dibandingkan USD50,77 miliar pada periode sama tahun sebelumnya.

India sebagai konsumen minyak terbesar ketiga di dunia, mengimpor lebih dari 80% kebutuhan membeli lebih dari 60% minyak mentah dari negara-negara Timur Tengah.



Pada Desember tahun lalu, Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar mengatakan akan terus mencari harga termurah. Namun pihaknya tidak meminta perusahaan minyak negaranya untuk membeli ke Rusia.

"Saya ingin mengklarifikasi bahwa kami tidak meminta perusahaan kami untuk membeli minyak Rusia. Kami meminta perusahaan kami untuk membeli minyak yang merupakan pilihan terbaik yang bisa mereka dapatkan. Sekarang tergantung harga pasar," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)