Banyak Celah Pencurian Data Pribadi dari Transaksi Online, Yuk Tutup Rapat-rapat!

Minggu, 26 Februari 2023 - 15:16 WIB
loading...
A A A
“Namun konsumen juga memiliki kewajiban dalam mengikuti petunjuk informasi, itikad baik dalam transaksi, serta membayar sesuai nilai tukar yang disepakati,” sebutnya.

Berdasarkan laporan Meta dan Bain & Company, jumlah konsumen digital di Indonesia ditaksir mencapai 168 juta orang pada 2022. Jumlah itu mengalami kenaikan 9,09% dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 154 juta orang.

Selain itu menurut laporan State of Mobile 2022, orang-orang Indonesia menghabiskan 5,56 miliar jam untuk membuka aplikasi belanja online selama 2021. Total jam per tahun ini meningkat drastis 52% dari 3,65 miliar jam pada 2020.

Pertumbuhan lama mengakses aplikasi belanja di Indonesia menjadi yang terbesar di antara negara lain. Singapura berada di peringkat kedua dengan peningkatan 46% dan Brasil 45%.



Sementara itu, nara sumber lainnya, Wakil Ketua III STMIK Primakara dan Relawan TIK Indonesia I Gede Putu Krisna Juliharta memberikan tips agar tidak terkena tipu daya pada saat bertransaksi online.

“Transaksi online ini mengandung banyak risiko meski kita tahu kiriman bisa saja salah alamat, lalu kualitas barang bisa saja bagus di gambar tapi kita harus melihat lagi spesifikasinya,” paparnya.

Selain itu ada juga kemungkinan barang rusak saat pengiriman, penipuan, permainan harga, barang dikirim terlalu lama dan data konsumen yang disalahgunakan.

Dengan berbagai kejadian, konsumen bisa menghindari kasus tersebut dengan lebih teliti saat membeli, serta menjadi konsumen cerdas yang bertransaksi online di situs terpercaya.



Konsumen sebaiknya menghindari transaksi di platform yang kurang kredibel atau bukan platform berbelanja sebab ada kemungkinan disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab. Sebelum bertransaksi juga penting untuk mengetahui kredibilitas penjual yang bisa diketahui dari ulasan pembeli sebelumnya.

Sebagai informasi, webinar literasi digital ini merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)