Tak Mau Kalah, Startup Lokal Mampu Bersaing di Internasional

Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:25 WIB
loading...
A A A
Haryanto pun menambahkan, pihaknya selalu rutin mengadakan pelatihan intensif untuk para calon wirausaha untuk bisa mendapatkan bekal bagaimana cara awal memulai bisnis yang tepat dan sesuai dengan kemampuan sekaligus bisa memanfaatkan teknologi sebagai alat marketing yang cepat.

"Jadi, tidak hanya bisa mengolah produk yang enak dan berkualitas tetapi bisa memasarkan produk dengan menarik juga," tambahnya. (Aprilia S Andyna)

Tips Memulai Bisnis Online ala Hermawan Kartajaya.

1. Mulailah dari ide sederhana, jangan mengikuti tren.

Untuk membangun bisnis startup, harus memiliki produk untuk dijual. Produk yang dijual jangan mengikuti tren, apalagi mengikuti tren dari negara lain. Mulailah dari ide sederhana yang kreatif, menarik, dan unik.

2. Tentukan tujuan yang jelas.

Bisnis tentunya harus memiliki tujuan yang jelas. Maka dari itu, pastikan arah serta tujuan startup yang ingin dibangun dengan baik dan meringkasnya menjadi satu kalimat yang jelas.

3. Tentukan dan analisis target pasar.

Sebelum melanjutkan bisnis, identifikasi target pasar yang akan dituju untuk menjual produk. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi masyarakat, khususnya sosial ekonomi apakah mereka bersedia atau tidak mengeluarkan uang untuk membeli produk yang dijual.

4. Susun garis waktu untuk tujuan dan target yang ingin dicapai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)