Harga Minyak Mentah Dunia Menanjak Naik Saat Dolar AS Tenggelam

loading...
Harga Minyak Mentah Dunia Menanjak Naik Saat Dolar AS Tenggelam
Harga minyak mentah dunia menanjak naik pada perdagangan, Jumat (24/7/2020) ketika dollar Amerika Serikat (USD) tenggelam semakin dalam usai jatuh hampir mendekati level terendah dalam dua tahun. Foto/Dok
JAKARTA - Harga minyak mentah dunia menanjak naik pada perdagangan, Jumat (24/7/2020) ketika dollar Amerika Serikat (USD) tenggelam semakin dalam usai jatuh hampir mendekati level terendah dalam dua tahun. Ditambah permintaan bahan bakar tergerus oleh meningkatnya kasus virus corona di Negeri Paman Sam yang telah mencapai 4 juta orang lebih terjangkit.

(Baca Juga: Wall Street Turun Tajam Dihantam Aksi Jual Saham Teknologi )

Ditambah meningkatnya ketegangan AS dan China menyusul penutupan konsulat China di Houston juga mempengaruhi pergerakan harga minyak dunia. Dolar tercatat meluncur ke level terendah dalam 22 bulan terhadap mata uang utama lainnya. Seperti diketahui dolar yang melemah biasanya membuat permintaan meningkat karena menjadi lebih murah.

Seperti dilansir Reuters hari ini, harga minyak mentah Brent terpantau meningkat 15 sen atau 0,4% untuk bertengger di level USD43,46 per barel. Sedangkan harga minyak mentah AS yakni West Texas Intermediate (WTI) menguat sebesar 12 sen yang setara dengan 0,3% menjadi USD41,19/barel.



"Harga minyak mentah berusaha untuk bergerak stabil seiring harapan tinggi bahwa kongres akan sepakat memberikan stimulus lanjutan," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA di New York.

(Baca Juga: AS-China Memanas Imbas Penutupan Konsulat Bikin Dolar Loyo, Peluang Rupiah Menguat )

Di sisi lain jumlah klaim pengangguran mendadak naik menjadi 1.416.000 minggu lalu untuk pertama kalinya dalam hampir empat bulan, menunjukkan pemulihan ekonomi AS macet di tengah lonjakan kasus baru Covid-19. Amerika Serikat pada hari Kamis mencatat lebih dari 1.000 kematian dari COVID-19, untuk menjadi sinyal adanya gelombang kedua.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top