Menuju Hari Bersih-bersih Sampah Sedunia, WCD Indonesia Latih 41 Leaders

Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:05 WIB
loading...
A A A
Juga, meningkatkan kesadaran orang yang masih tidak peduli akan lingkungan dengan kegiatan bersih-bersih terbesar 16 September 2023 dan berkolaborasi bersama stakeholders pentahelix di provinsi, kabupaten dan kota masing-masing guna mendukung pergerakan bersih-bersih terbesar se-Indonesia.

“Saya percaya jika kita masing-masing memulai dari diri sendiri melakukan hal sederhana seperti pilah sampah, merevolusi mental diri kita dan saling bergandeng tangan untuk Indonesia bersih. Tahun ini, WCD Indonesia akan mengarahkan dan sekaligus mengedukasi masyarakat untuk memilah-milah sampah sebelum dibuang,” tuturnya.



Asisten Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Maman Wijaya berpesan kepada para peserta untuk tetap melanjutkan aksi yang sudah dilakukan selama ini. “Apa yang sudah dikerjakan oleh para leader adalah aksi nyata dari revolusi mental,” tandasnya.

Menuju Hari Bersih-bersih Sampah Sedunia, WCD Indonesia Latih 41 Leaders


Program Leaders Academy diharapkan menjadi aktivasi para leaders daerah sebagai pemantik agent of changes kesadaran lingkungan kepada masyarakat di sekitar wilayahnya atas permasalahan sampah di daerah masing-masing sesuai dengan konteks kondisi tantangan, permasalahan dan solusi yang dibutuhkan dari provinsinya masing-masing.



Sementara itu, World Cleanup Day yang diinisiasi oleh Let’s Do It! pada 2008 telah menjadi gerakan global yang dilakukan serentak di 191 negara. Adapun WCD Indonesia diperkenalkan oleh Let’s Do It! Indonesia sejak 2014. Indonesia menjadi penyumbang relawan terbesar dengan target 13 juta dari 5% populasi Indonesia.

WCD Indonesia telah sukses digelar di Tanah Air dari tahun 2018-2022 dengan menggandeng Kemenko Marves, KLHK dan Kemenko PMK. Selain pemerintah, WCD Indonesia juga melibatkan stakeholders dari berbagai komunitas, perusahaan, sarana pendidikan, dan media yang turut andil menyukseskan aksi clean up dengan jumlah kumulatif relawan lebih dari 20 juta dan total sampah sebanyak 43,430,045 kg selama 5 tahun.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)