Pak Jokowi! Genjot Konsumsi Bukan Jalan Selamatkan Ekonomi

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 22:15 WIB
loading...
Pak Jokowi! Genjot Konsumsi Bukan Jalan Selamatkan Ekonomi
Meningkatkan konsumsi bukan jalan selamatkan ekonomi dari jurang resesi. Foto/Ilustrasi/MNC News Portal
A A A
JAKARTA - Pemerintah dinilai tidak tepat apabila menggenjot konsumsi bakal menyelamatkan ekonomi RI dari jurang resesi. Fokus pemerintah seharusnya membendung kasus positif Covid-19 yang terus meningkat tajam.

Pasalnya menggenjot konsumsi tidak ada artinya apabila kasus positif terus meningkat dan nyawa melayang akibat terifeksi virus corona. "Fokus pemerintah memang seharusnya bukan meningkatkan konsumsi, tetapi lebih kepada penanggulangan wabah bersamaan dengan meningkatkan ketahanan masyarakat dan dunia usaha," ujar Piter saat dihubungi MNC News Portal, di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).



Menurutnya penurunan konsumsi lebih disebabkan lantaran kelas menengah masih enggan beaktivitas ke luar rumah karena masih takut tertular wabah. Kondisi tersebut mengakibatkan konsumsi masyarakat menurun tajam sekitar 5% (year on year/yoy). "Begitu juga dengan pemberian bansos, tidak bisa diharapkan untuk menggenjot konsumsi," kata dia.



Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan bahwa ekonomi saat ini bergantung pada tingkat belanja masyarakat yang menurun drastis. Pasalnya 60% ditopang dari tingkat konsumsi dari belanja masyarat. Bahkan pemerintah secara khusus mendorong supaya kelas menengah kembali beraktivitas untuk menggerakkan roda perekonomian.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9068 seconds (0.1#10.140)