Mengenal Elvira Nabiullina, Wanita Tangguh Perisai Ekonomi Rusia

Sabtu, 30 Desember 2023 - 11:29 WIB
loading...
Mengenal Elvira Nabiullina, Wanita Tangguh Perisai Ekonomi Rusia
Kepala Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina. Foto/RT
A A A
JAKARTA - Kinerja perekonomian Rusia berhasil melampaui perkiraan banyak pihak di tahun 2023 yang openuh gejolak. Tak hanya mengatasi hujan sanksiBaratakibat serangannya ke Ukraina, Rusia diprediksi mencatatkan pertumbuhan ekonomi 3,5% tahun ini, mengungguli negara-negara G7 dan Uni Eropa (UE).

Orang di balik ketangguhan Rusia mengatasi tantangan ekonomi di 2023 tersebut adalah Kepala Bank Sentral Rusia, Elvira Nabiullina. Sukses menggagalkan rencana Barat merusak ekonomi Rusia, dirinya sampai-sampai dijuluki "disruptor tahun ini" oleh majalah Politico. Dikenal tidak banyak bicara, berpengaruh, sekaligus figur yang penuh teka-teki bagi pasar, Nabiullina memegang kunci kebijakan moneter Rusia.

Berasal dari etnis Tatar, kelompok minoritas terbesar di Rusia, Elvira Nabiullina tidak hanya dikenal di lingkar kekuasaan sebagai seorang yang gemar mengutip puisi-puisi Prancis, tapi juga tak ragu bertindak keras di tengah krisis, dan juga merupakan perempuan pertama yang memimpin Bank Sentral Rusia.



Ekonom brilian ini lahir pada 29 Oktober 1963 di Ufa, Bashkir, Rusia. Ayahnya, Sakhipzada Saitzadayevich, adalah seorang sopir, sedangkan ibunya, Zuleikha Khamatnurovna, adalah seorang manajer pabrik. Nabiullina lulus dari sekolah No. 31 di Ufa, disusul Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Moskow pada tahun 1986.

Dia juga dikenal dekat dengan Putin sejak mantan perwira dinas rahasia KGB itu memimpin Rusia pada 2000. Saat itu Putin menunjuk Nabiullina sebagai menteri pembangunan ekonomi dan belakangan menariknya ke Kremlin sebagai anggota penasihat presiden.

Lompatan besar dalam karier Nabiullina terjadi pada 2013 ketika dia ditunjuk sebagai Kepala Bank Sentral Rusia, salah satu lembaga terpenting di negara itu. Selama bertahun-tahun, Nabiulina telah menghadapi krisis-krisis besar.

Selama bertahun-tahun memimpin Bank Sentral Rusia, perempuan pecinta opera itu mendapat pengakuan atas kemampuan manajemennya oleh organisasi-organisasi internasional, seperti Dana Moneter Internasional (IMF), pengusaha, investor Wall Street, bankir dan para ahli strategi pemerintah. Mereka melihatnya sebagai seorang profesional yang paham benar atas kondisi di lapangan.

Salah satu pujian terhadapnya adalah selama 2013 hingga 2017, ketika dia mencabut lebih dari 300 lisensi perbankan dari entitas yang dianggap sangat lemah atau dijalankan dengan tidak layak. Nabiullina juga sukses menangani inflasi yang memungkinkannya menetapkan suku bunga pada titik terendah dalam sejarah Rusia, sebesar hampir 2% pada 2018.

Pada 2015, majalah Euromoney menobatkan ekonom berusia 60 tahun itu sebagai pejabat bank sentral terbaik di dunia. The Banker bahkan menyebutnya sebagai bankir Eropa terbaik pada 2017. Di bawah arahannya, Bank Sentral Rusia berhasil mengumpulkan salah satu cadangan devisa terbesar dalam sejarah Rusia, yang memungkinkan negara itu menghadapi berbagai gejolak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)