Tarif Kargo Laut Meroket Imbas Serangan Laut Merah, Segini Besarannya

Sabtu, 06 Januari 2024 - 16:59 WIB
loading...
A A A
Pada hari Rabu, ratusan kapal kontainer dan kapal lainnya telah dialihkan menuju sekitar Good Hope di selatan Afrika untuk menghindari serangan, hal itu menambah waktu perjalanan dari 7 hingga 20 hari.

Tarif "spot" satu kali pengiriman, kira-kira meningkat dua kali lipat tarif di pasar kontrak, kata eksekutif logistik.

"Orang-orang yang putus asa demi mendapatkan tempat (di kapal), akan membayar," kata Christian Sur, wakil presiden eksekutif untuk angkutan laut di Unique Logistics.

Tarif ke pelabuhan Amerika Utara yang kurang terpengaruh juga bergerak lebih tinggi. Tercatat 30% kargo yang tiba di Pantai Timur AS melakukan perjalanan melalui Terusan Suez. Eksekutif logistik memperkirakan, beberapa dari impor tersebut akan dialihkan ke Pantai Barat AS - yang merupakan jalur langsung melintasi Samudra Pasifik dari China dan eksportir Asia lainnya.

Tarif untuk pengiriman dari Asia ke Pantai Timur Amerika Utara naik 55% menjadi USD3.900 per kontainer 40 foot. Harga Pantai Barat melonjak 63% menjadi lebih dari USD2.700 menjelang pengalihan kargo yang diharapkan untuk menghindari masalah terkait Laut Merah, kata Levine.

Meskipun suku bunga telah melonjak, angka terebut masih jauh di bawah rekor tertinggi tahun 2021 yang dipicu pandemi, yakni mencapai sebesar USD14.000 per kontainer 40 foot untuk Asia ke Eropa Utara dan Mediterania dan USD22.000 untuk Asia ke Pantai Timur Amerika Utara.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)