Ini Biaya-biaya yang Disisipkan Bikin Harga Tiket Pesawat Mahal

Rabu, 07 Agustus 2024 - 15:14 WIB
loading...
Ini Biaya-biaya yang...
Ini biaya-biaya yang dibebankan ke penumpang sehingga harga tiket pesawat mahal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Harga tiket pesawat di Indonesia menjadi yang termahal di Asia Tenggara dan nomor dua di dunia. Tingginya harga tiket pesawat itu disebabkan banyaknya pungutan biaya yang disisipkan pada tiket penumpang.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan mahalnya harga tiket pesawat berasal dari biaya-biaya yang tinggi dari operasional maupun operasional. Hal ini mesti dikurangi agar mendapat margin dari biaya operasional.



"Saat ini biaya-biaya penerbangan sangat tinggi, melebihi tarif tiket yang telah ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2019. Akibatnya maskapai rugi dan mengoperasikan penerbangan untuk sekedar dapat hidup dan tidak dapat mengembangkan usahanya," ujar Denon

Berikut penyebab harga tiket pesawat mahal yang berasal dari biaya operasional maupun non operasional di industri penerbangan indonesia.

1. Harga Avtur yang Tinggi.

Biaya tinggi dari operasional penerbangan misalnya adalah harga avtur yang lebih tinggi dibanding negara tetangga. Hal ini disebabkan oleh nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar. Dalam hal ini, industri penerbangan indonesia harus membayar avtur dengan mata uang dolar. Hal ini membuat biaya avtur itu mahal.

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya antrian pesawat baik di darat untuk terbang dan di udara untuk mendarat. Hal itu menyebabkan penggunaan bahan bakar jadi boros.



2. Biaya Layanan Kebandarudaraan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)