Iran Rancang Serangan Balasan, Ini Dampaknya ke Ekonomi Israel

Senin, 12 Agustus 2024 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Minggu lalu, indeks TA-35 dan TA-90 masing-masing turun sekitar 3,2% dan 7,1%, sementara di AS, indeks Dow Jones dan S&P 500 naik sekitar 2,3%, menurut data dari Bursa Efek Tel Aviv. Lembaga pemeringkat S&P Global memperingatkan pada hari Kamis bahwa "risiko eskalasi meningkat" setelah pembunuhan tersebut.

"Sulit untuk mengukur dengan tepat dampak dari konflik regional yang berpotensi lebih luas terhadap kinerja ekonomi, fiskal, dan neraca pembayaran Israel," kata S&P. "Namun demikian, kami mengantisipasi bahwa hal itu dapat terjadi."

"Kami menganggap bahwa risiko kecelakaan atau kesalahan perhitungan tetap ada meskipun Israel, Iran, dan Hizbullah tidak secara khusus berniat untuk melakukan eskalasi."

Pada bulan April, S&P bergabung dengan Moody's Investors Service dalam memangkas peringkat kredit Israel sebesar satu tingkat dengan mengutip ketegangan regional dengan Iran dan ekspektasi perang yang lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya dengan Hamas, yang meletus setelah serangan 7 Oktober oleh kelompok teror tersebut terhadap komunitas-komunitas di bagian selatan Israel.alasi," lembaga pemeringkat tersebut memperingatkan.



S&P mempertahankan pandangan negatifnya terhadap ekonomi Israel, yang membuka peluang untuk lebih banyak penurunan peringkat di masa mendatang karena negara ini dapat menghadapi pengeluaran militer dan perang sipil yang lebih tinggi, dan sentimen pasar global berubah menjadi buruk.

"Skenario eskalasi potensial bukan merupakan bagian dari skenario peringkat dasar kami untuk Israel dan dapat menimbulkan risiko kredit tambahan jika skenario tersebut terwujud, yang tercermin dalam pandangan negatif saat ini terhadap peringkat jangka panjang 'A+' kami untuk Israel," S&P memperingatkan.

"Jika konflik yang sedang berlangsung meluas lebih jauh di seluruh wilayah, bagi Israel, efek dari remobilisasi cadangan, perpindahan penduduk tambahan, dan gangguan terhadap pendidikan, dapat membebani sentimen konsumen dan bisnis, produksi, dan investasi serta kinerja fiskal secara lebih akut.

Para ekonom di Bank Hapoalim mengatakan menunggu serangan balik oleh Hizbullah atau Iran meningkatkan premi risiko Israel dan melemahkan nilai tukar shekel.

"Pada saat yang sama, ekspektasi untuk perlambatan ekonomi global, dan bahkan mungkin jatuh ke dalam resesi, meningkat," kata Hapoalim dalam sebuah catatan untuk para investor.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)