5 Negara Pemilik Cadangan Uranium Terbesar di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Senin, 28 Oktober 2024 - 19:10 WIB
loading...
A A A
Untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat, pemerintah Rusia berencana menggenjot produksi uraniumnya. Menurut WNA, energi nuklir menyumbang 19% dari bauran energi Rusia pada Desember 2021, data terbaru yang tersedia.

Rusia memiliki 36 reaktor nuklir yang menghasilkan 26.802 megawatt listrik, dengan tambahan empat unit yang sedang dibangun. Dikenal sebagai salah satu dari 10 produsen uranium teratas dunia, Rusia juga memiliki cadangan yang signifikan.

Namun perang Rusia Ukraina menimbulkan pertanyaan tentang sejauh mana Rusia akan dapat melanjutkan ekspor. Namun, negara-negara Eropa seperti Prancis masih mengimpor uranium Rusia.

Pada tahun 2023, Rusia dilaporkan menyumbang 27% dari semua uranium yang dipasok ke pembangkit nuklir AS. Tapi pada Mei 2024, Presiden AS Joe Biden menandatangani undang-undang larangan impor uranium dari Rusia. Pada pertengahan September 2024, Presiden Rusia Vladimir Putin sedang mempertimbangkan untuk membatasi ekspor uranium sebagai tanggapan atas sanksi yang sedang berlangsung.

3. Kanada

Cadangan uranium: 588.500 metrik ton (10% dari pasokan uranium dunia)

Produsen uranium terbesar kedua dipegang oleh Kanada, yang masuk tiga besar negara-negara uranium teratas berdasarkan kepemilikan cadangan. Cekungan Athabasca Saskatchewan menjadi lokasi utama eksplorasi uranium dan sudah dikenal di seluruh dunia karena memiliki deposit uranium bermutu tertinggi di planet ini.

Negara Amerika Utara ini adalah rumah bagi penambang uranium top dunia: Danau Cigar Cameco dan Sungai McArthur. Bersama-sama, mereka menjadikan provinsi Saskatchewan sebagai pemimpin internasional di sektor uranium, meskipun dalam beberapa tahun terakhir operasional lebih banyak offline.

Tambang tersebut menampung deposit bermutu tinggi, dengan kemungkinan cadangan yang tersimpan di Danau Cigar berjumlah 208,6 juta pon uranium dari 600.000 MT dengan nilai 17,03%, dan Sungai McArthur mencapai 380,5 juta pon uranium dari 2,6 juta MT dengan nilai 6,72%.

Energi nuklir menyumbang sekitar 15% dari permintaan listrik Kanada, dan infrastruktur tenaga nuklir yang dimiliki negara ini mencakup 19 reaktor nuklir. Sebagai negara terbesar kedua berdasarkan daratan, menyediakan energi yang andal ke banyak daerah terpencil menjadi tantangan untuk Kanada.

Namun teknologi reaktor baru, seperti reaktor modular kecil, memiliki potensi untuk memasok daya ke jaringan listrik yang lebih kecil atau ke daerah terpencil di luar jaringan.

2. Kazakhstan

Cadangan uranium: 815.200 metrik ton (13% dari sumber daya uranium dunia)

Kazakhstan berada di urutan kedua dalam cadangan uranium, tetapi menempati urutan pertama untuk produksi uranium. Perusahaan tambang uranium yang dimiliki secara nasional, Kazatomprom merupakan produsen uranium terbesar di dunia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0897 seconds (0.1#10.140)